KAI Minimalisir Keterlambatan KRL di Stasiun Manggarai

KAI Minimalisir Keterlambatan KRL di Stasiun Manggarai
Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, seusai meresmikan skybridge Stasiun Batu Ceper, Tangerang, Kamis (18/7/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Carlos Roy Fajarta )
Carlos Roy Fajarta / FER Kamis, 18 Juli 2019 | 15:41 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro, menyebutkan, keterlambatan semua jurusan Kereta Rel Listrik (KRL) atau commuter line dari dan menuju Stasiun Manggarai, disebabkan karena masih adanya pekerjaan perbaikan.

"Soal keterlambatan itu karena memang pasti ada masalah di KRL-nya. Saat ini juga sedang ada pekerjaan perluasan di Stasiun Manggarai sedang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemhub) kita dukung itu. Karena tampungannya sudah harus semakin melebar," ujar Edi Sukmoro usai peresmian skybridge di Stasiun Batu Ceper, Tangerang, Kamis (18/7/2019).

Skybridge Stasiun Batu Ceper

Baca Juga: Permudah Integrasi, KAI Resmikan Skybridge Batu Ceper

Edi menjelaskan, pihaknya berupaya seoptimal mungkin untuk meminimalisir keterlambatan perjalanan KRL yang menyebabkan penumpang tidak bisa berangkat maupun tiba di stasiun sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

"Ada pekerjaan di beberapa titik itu memang harus dilakukan perlambatan kalau tidak akan terjadi sesuatu yang tidak kita harapkan. Kita berusaha agar cepat selesai sehingga ketepatan waktu bisa dicapai kembali oleh KRL," tambah Edi Sukmoro.

Lebih lanjut, Edi mengungkapkan, jumlah penumpang KRL meningkat sangat tajam mencapai 1.154.000 per hari dengan 995 perjalanan.

"Pada tahun 2018 kita mengangkut 428 juta penumpang, sedangkan tahun sebelumnya sebesar 394 juta penumpang. Kita akan terus meningkatkan pelayanan agar jumlah penumpang meningkatkan dan bisa mengurangi kemacetan serta penggunaan kendaraan pribadi," ungkap Edi Sukmoro.

Dengan jumlah penumpang sebesar itu, Edi menyebutkan kepadatan menuju Stasiun Manggarai tidak terelakkan karena semua kereta baik kereta jauh, bandara, KRL termasuk kereta lokal melintas di stasiun tersebut.

"Target Manggarai selesai pengerjaan itu nanti dikonfirmasi ke Dirjen Perkeretaapian saja. Karena yang mengerjakan mereka kita hanya support agar cepat selesai," tutup Edi Sukmoro.



Sumber: Suara Pembaruan