Tingkatkan Pelayanan, Kantor Imigrasi Bogor Bangun Gedung Baru

Tingkatkan Pelayanan, Kantor Imigrasi Bogor Bangun Gedung Baru
Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, melakukan peletakan batu pertama (graundbreaking) gedung baru Kantor Imigrasi Kelas I Bogor di Jalan Ahmad Yani, Kota Bogor, Kamis (18/7/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Vento Saudale )
Vento Saudale / FER Kamis, 18 Juli 2019 | 18:39 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Guna meningkatkan pelayanan keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I Bogor melakukan pembangunan gedung baru di Jalan Ahmad Yani, Tanahsareal, Kota Bogor. Diharapkan dengan beroperasinya gedung baru akhir 2019, pelayanan keimigrasian Bogor dapat meningkat dua kali lipat.

Hal itu dikatakan, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly saat sambutan melakukan peletakan batu pertama (graundbreaking) gedung baru Kantor Imigrasi Kelas I Bogor, yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kota Bogor, Kamis (18/7/2019).

"Saat ini, kelas menangah paling banyak mengakses paspor. Bila dulu, liburan hanya ke luar daerah saat ini banyak ingin ke luar negeri. Pertumbuhan kelas menengah Kota Bogor terus meningkat, untuk itu saya ingin pelayanan nanti meningkat dua kali lipat," kata Yasonna.

Kantor imigrasi baru ini dibangun di atas lahan 14.200 meter persegi (m2), dengan luas bangunan sekitar 5.000 m2 dengan anggaran mencapai Rp 45 miliar.

Menkumham Yasonna pun minta akhir tahun 2019, gedung sudah beroperasi. Untuk itu, pihaknya mewanti-wanti agar pengerjaan pembangunan dikerjakan dengan serius dan seluruh jajarannya memperhatikan pembangunannya.

"Saya minta seluruh jajaran memperhatikan pembangunan ini dan bekualitas baik," kata Yasonna.

Gedung baru nantinya akan mempunyai dua lantai dan satu basement. Rencananya, lantai pertama akan dikhususkan untuk pelayanan paspor dengan 14 booth, ruang pengaduan, dan ruang ramah untuk berkebutuhan khusus, ruang anak, dan pelayanan umum.

Sedangkan lantai dua digunakan untuk pelayanan asing, serta ruang Seksi Penindakan dan Intelegen, juga ruang tim pengawasan orang asing (timpora). Ruang rapat dan ruang kepala kantor.

Kepala Kantor Imigrasi Bogor, Suhendar menyebut pembangunan gedung baru diinisiasi pelayanan keimigrasian saat ini yang sudah over kapasitas. Dalam setiap harinya, Kantor Imigrasi Bogor melayani 250 pemohon paspor.

"Ke depan dengan gedung baru, kita tingkatkan menjadi 500 pelayanan paspor per hari. Bila saat ini kami baru mempunyai 8 booth. Nanti kita mempunyai 14 booth pelayanan," tambah Suhendar.



Sumber: BeritaSatu.com