Anies Paparkan Hasil Kunjungan Kerja ke Kolombia dan AS

Anies Paparkan Hasil Kunjungan Kerja ke Kolombia dan AS
Gubernur DKI, Anies Baswedan. ( Foto: Beritasatu Photo / Lenny Tristia )
Lenny Tristia Tambun / FER Jumat, 19 Juli 2019 | 18:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memaparkan hasil kunjungan kerjanya selama 10 hari ke Kolombia dan Amerika Serikat (AS) kepada awak media di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (19/7/2019) petang. Kunjungan ke Kolombia dan AS, dilakukan Anies Baswedan dan jajaran sejak 9-19 Juli 2019.

"Alhamdulillah, kami telah kembali sampai di tanah air. Dalam perjalanan kemarin ada beberapa kegiatan. Saya mulai dari yang akhirnya dulu, yang paling akhir adalah kegiatan di Washington (AS). Di situ ada beberapa pertemuan yang terkait dengan Jakarta,” kata Anies Baswedan.

Anies Baswedan menjelaskan, pertemuan terbaru di Washington DC dengan US-ASEAN Business Council. Dalam pertemuan itu, Anies melakukan pembahasan terkait bagaimana Jakarta bisa memfasilitasi kegiatan perdagangan investasi yang menyerap tenaga kerja.

"Pembicaraan ini berlangsung produktif. Insyaallah akhir tahun ini sekitar bulan Desember mereka akan ada delegasi besar yang datang ke Indonesia dan kita siap menyambut,” kata Anies Baswedan.

Selanjutnya, Anies Baswesan juga bertemu para pakar dari International Food Policy Research Institute (FPRI) untuk membahas masalah pangan dan kualitas kesehatan dari pasokan pangan yang ada di Jakarta. Apalagi, Jakarta mendapat apresiasi atas keberhasilan mengendalikan harga pangan yang dibuktikan dengan terpenuhinya kuantitas pasokan pangan.

"Tak kalah penting pada aspek kualitasnya juga diperhatikan, karena itu dalam pertemuan tersebut kita membahas potensi untuk melakukan review kebijakan yang sudah dilakukan di berbagai negara (terkait urusan pangan) untuk nantinya dimanfaatkan untuk kepentingan Jakarta,” ujar Anies Baswedan.

Kemudian, Anies menjelaskan, ia bertemu para tokoh pemerintahan, diplomat, dan akademisi yang tergabung dalam USINDO, untuk meningkatkan lagi hubungan positif antara AS dengan Jakarta. Dalam kunjungannya ke New York, Anies secara khusus membahas mengenai penyelenggaraan Formula E 2020 di Jakarta.

"Saya secara khusus kesana kaitannya dengan rencana untuk mengadakan kegiatan balap mobil Formula E dan pembicaraan sudah dilakukan dua tiga bulan lalu dan insyaallah Jakarta akan menjadi tuan rumah, ada hal detail yang belum bisa diumumkan sekarang khususnya terkait dengan waktu, jadi saya sampaikan saat detail waktunya siap,” tandas Anies.

Sebelumnya, Anies juga menghadiri World Citiy Summit Mayor Forum di Medellin, Colombia. Gubernur Anies memaparkan kinerja yang sudah direalisasi di Jakarta dan bagaiaman pengalaman yang dikerjakan di Jakarta dapat menjadi manfaat bagi yang lain, sekaligus kesempatan bertukar pemikiran.



Sumber: BeritaSatu.com