Belum Ada Rapimgab, Rapat Paripurna Pemilihan Wagub DKI Pasti Mundur

Belum Ada Rapimgab, Rapat Paripurna Pemilihan Wagub DKI Pasti Mundur
Ilustrasi sidang paripurna DPRD DKI Jakarta. ( Foto: Beritasatu Photo / Joanito De Saojoao )
Lenny Tristia Tambun / JAS Senin, 22 Juli 2019 | 09:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Hingga saat ini, belum ada kepastikan pelaksaan rapat pimpinan gabungan (rapimgab) persetujuan akhir tata tertib (tatib) pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI.

Wakil Ketua Pansus Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Bestari Barus membenarkan sampai sekarang ini, belum ada penjadwalan mengenai Rapimgab untuk persetujuan akhir tata tertib (tatib) pemilihan wagub DKI Jakarta.

"Iya, sampai hari ini belum ada penjadwalan Rapimgab dari Sekwan," kata Bestari saat dihubungi di Jakarta, Senin (22/7/2019).

Dengan kondisi seperti ini, politisi Nasdem itu memastikan jadwal rapat paripurna pemilihan wagub pengganti Sandiaga Uno otomatis akan mundur dari target yang telah ditetapkan. Yaitu, pelaksanaan rapat paripurna pemilihan wagub dijadwalkan pada 22 Juli 2019.

“Ya pasti mundur dong. Kita kan sudah bikin jadwalnya seperti apa. Jadi kita masih menunggu penjadwalan rapimgab oleh Sekwan,” ujar Bestari Barus.

Kendati demikian, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tetap optimistis pemilihan wagub DKI akan selesai sebelum berakhirnya masa jabatan DPRD DKI periode 2014-2019.

Ketua Fraksi PDIP, Gembong Warsono, mengatakan pihaknya masih optimistis pemilihan wagub DKI dapat diselesaikan oleh anggota DPRD periode 2014-2019. Karena waktu berakhirnya masa jabatan mereka masih cukup lama. Dan itu waktu yang cukup untuk menyelesaikan tugas memilih Wagub DKI.

Seperti yang diberitakan, pelaksanaan Rapimgab Pemilihan Wagub DKI untuk membahas tatib pemilihan seharusnya digelar pada Rabu (10/7/2019). Namun, rapat itu diundur menjadi hari Senin (15/7/2019). Dikarenakan banyak pimpinan fraksi dan komisi yang tidak hadir dalam rapat tersebut.

Kemudian, dengan alasan yang sama, rapimgab kedua pada Senin diundur kembali menjadi pada hari Selasa (16/7/2019). Dan pada hari Selasa, rapimgab juga batal dilaksanakan.



Sumber: BeritaSatu.com