Pemilihan Wagub DKI Belum Jadi Prioritas

Pemilihan Wagub DKI Belum Jadi Prioritas
Panelis Tim Uji Kepatutan dan Kelayakan bersama pimpinan PKS dan Gerindra DKI memberikan keterangan seusai rapat koordinasi di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu (23/1). ( Foto: Suara Pembaruan / Lenny Tristia Tambun )
Erwin C Sihombing / WM Selasa, 23 Juli 2019 | 20:06 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Proses pemilihan Wagub DKI yang berjalan lamban menandakan kebutuhan mengisi kursi wagub belum menjadi prioritas. Sinyalemen itu diperkuat dari pernyataan Ketua Pansus Pemilihan Wagub DKI Ongen Sangaji yang menyebut DPRD DKI lebih memilih mengulur rapat pimpinan gabungan (rapimgab) dan mengedepankan rapat-rapat lain.

Ongen menyebut, molornya rapimgab untuk mengesahkan tata tertib (tatib) karena sekretaris dewan (sekwan) tidak sigap menyusun agenda dan menjadikan rapimgab sebagai prioritas. Apabila rapimgab didahulukan, Ongen meyakini situasinya tidak menjadi seperti sekarang ini.

"Kalau dia (sekwan) menjadikan pemilihan wagub masuk skala prioritas, ya dia harus utamakan itu dengan mengabaikan rapat-rapat lain," kata Ongen, di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Ongen menegaskan, tugas pansus sudah selesai sejak 10 Juli 2019. Saat itu pansus sudah berkoordinasi dengan sekwan untuk mengatur rapimgab. Sementara jadwal anggota DPRD DKI cukup padat karena selain ada rapat pansus, terdapat pula agenda rapat anggaran atau rapat komisi.

Menurutnya, kondisi seperti itu harus disikapi Sekwan DPRD DKI Yuliadi dengan mengedepankan rapimgab. Bukan menjadikan kesibukan anggota sebagai dalih sehingga Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi belum memberi instruksi kepada sekwan untuk menggelar rapimgab.

"Tugas pansus itu sudah selesai sejak 10 Juli, saat saya menyerahkan kepada sekwan untuk menggelar rapimgab. Tugas memfasilitasi itu tanggung jawab sekwan. Saya enggak punya lagi kewenangan lebih lanjut lagi," katanya.

Ketua Fraksi PKS DKI Abdurrahman Suhaimi menyikapi situasi sekarang ini sebagai bagian dari proses politik yang memang tidak mudah. Kendati begitu dia menegaskan pihaknya sudah optimal mengupayakan agar proses politik di dewan berjalan lancar.

"Kami berharap teman-teman di seluruh fraksi semangat menjalankan seluruh proses semuanya, supaya (Wagub DKI) ini jadi hadiahlah dari DPRD periode ini untuk masyarakat," kata Suhaimi.



Sumber: Suara Pembaruan