Perumda Pasar Jaya Siap Jual 20.000 Besek untuk Iduladha

Perumda Pasar Jaya Siap Jual 20.000 Besek untuk Iduladha
Besek dari bahan bambu. ( Foto: istimewa )
Lenny Tristia Tambun / CAH Rabu, 31 Juli 2019 | 17:10 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Perumda Pasar Jaya menyatakan telah siap menjual sebanyak 20.000 besek bambu sebagai wadah daging hewan kurban pada saat Hari Raya Iduladha. Satu besek akan dijual dengan harta Rp 2.000

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan penjualan besek bambu ini sebagai bentuk dukungan terhadap upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam mengurangi sampah plastik.

“Untuk membantu program pengurangan sampah plastik, kami menyediakan 20.000  besek bambu sebagai pengganti kantong plastik sekali pakai. Jumlahnya bisa kami tambah sesuai dengan kebutuhan pasar,” kata Arief Nasrudin, Rabu (31/7/2019).

Penjualan besek ini akan dilakukan di 112 pasar tradisional yang tersebar di enam wilayah DKI Jakarta. Karena itu, diharapkan para pengelola masjid dapat menggunakan besek daripada kantong plastik. Selain lebih praktis, besek juga dinilai lebih aman dan ramah lingkungan karena bisa berkali-kali dipakai.

“Penggunaan kantong plastik pada makanan bisa berpotensi kepada sejumlah jenis penyakit, selain itu kantong plastik juga sangat sulit terurai, karena itulah disini Pasar Jaya mengambil alternatif untuk menjual besek bambu,” ujar Aries Nasrudin.

Dengan adanya besek ini, Arief Nasrudin mengharapkan kampanye mengurangi sampah plastik semakin meluas ditengah-tengah kehidupan masyarakat. Perumda Pasar Jaya sendiri sudah sejak lama melakukan sosialisasi pengurangan sampah plastik kepada para pedagang dan pengunjung pasar.

“Sebelumnya sudah dilakukan dengan tidak menyediakan kantong plastik untuk KJP. Nah untuk Qurban ini kita jual besek bambu. Diharapkan penggunaan kantong plastik ini bisa terus berkurang kedepannya,” ungkap Arief Nasrudin.

 



Sumber: Suara Pembaruan