Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan MPP di Lippo Mal Bogor

Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan MPP di Lippo Mal Bogor
Pengunjung melihat pemberitahuan akan dibangunnya Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bogor yang berlokasi di lantai dasar Lippo Plaza Keboen Raya, Kota Bogor. ( Foto: Beritasatu Photo / Vento Saudale )
Vento Saudale / FMB Rabu, 7 Agustus 2019 | 14:07 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor saat ini tengah mempersiapkan mal pelayanan publik (MPP) di Lippo Plaza Keboen Raya yang rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis (15/8/2019).

Mal pelayanan publik Kota Bogor yang berlokasi di lantai dasar Lippo Plaza Keboen Raya, Jalan Padjajaran, Kota Bogor. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) terus mempersiapkan MPP Kota Bogor yang disebut Graha Tiyasa atau tempat serba bisa.

Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menuturkan, tidak lama lagi MPP Graha Tiyasa di Lippo Plaza Keboen Raya akan segera diresmikan. Di MPP akan ada banyak pelayanan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal lainnya seperti BPJS, Imigrasi, pelayanan kepolisian, hingga Kementerian Agama.

"Semua pelayanan tersebut kini menjadi lebih dekat karena hadir satu atap dan tempat yang lebih nyaman karena lokasinya strategis di dalam mal. Peresmiannya 15 Agustus nanti, dibuka Presiden Joko Widodo," paparnya, Rabu (7/8/2019).

Kepala DPMPTSP Kota Bogor Denny Mulyadi mengatakan, saat ini tahapan pembangunan secara fisik sudah hampir tuntas. Ditargetkan pada awal Juli sudah bisa dioperasionalkan. Namun, sebelumnya akan dilakukan uji coba.

Berdasarkan pemantauannya, saat ini tahapan persiapan akhir terdiri dari kelengkapan sarana prasarana, sistem IT dan rekrutmen Sumber Daya Manusia (SDM) untuk customer service.

“Kantor pelayanan yang akan ada di MPP antara lain Disdukcapil, Bapenda, DPMPTSP, PDAM Tirta Pakuan, Imigrasi, Kejaksaan, Badan Pertananan Nasional (BPN), Samsat dan lain sebagainya,” jelas dia.

Sekadar diketahui, sebagai implementasi dari Bogor Berlari yang dicanangkan oleh Wali kota Bogor pada tahun 2019 ini, DPMPTSP Kota Bogor sedang memproses penyelesaian pembangunan MPP sebagai salah satu inovasi dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik.

Pembangunan MPP merupakan implementasi Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) nomor 23 tahun 2017. Kehadiran MPP diharapkan menjadi wadah bagi seluruh instansi pelayanan publik yang ada dalam satu lokasi.

Kota Bogor akan menjadi daerah pertama di Jawa Barat yang akan mewujudkan MPP. Proses panjang sudah dilakukan oleh DPMPTSP dalam mewujudkan MPP tersebut. Sejak awal 2018, inisiasi sudah dilakukan dengan mengusulkan anggaran dalam APBD 2019.



Sumber: BeritaSatu.com