Jaga Keandalan Listrik, PLN Cek GITET Muara Tawar

Jaga Keandalan Listrik, PLN Cek GITET Muara Tawar
Petugas PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat tengah melakukan pengecekan kondisi High Voltage (HV) Apparatus di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Muara Tawar beberapa waktu lalu. ( Foto: Suara Pembaruan / Carlos Roy Fajarta )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Kamis, 8 Agustus 2019 | 10:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero berkomitmen dalam peningkatan keandalan kelistrikan DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya, khususnya Bekasi dengan membangun Gardu Induk 150 kV Muara Tawar yang dimulai sejak 2016 silam.

Pascagangguan teknis dan pemadaman yang terjadi serempak di Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat pada 4 Agustus 2019, pihak PLN selain terus melanjutkan proyek yang tengah berjalan juga tetap melakukan perawatan dan inspeksi lebih ketat ke sejumlah aset untuk menjaga keandalan listrik.

Seperti yang dilakukan oleh petugas PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat tengah melakukan pengecekan kondisi High Voltage (HV) Apparatus di Gardu Induk Tengangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Muara Tawar.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat, Ratnasari Sjamsuddin menjelaskan gardu induk di Muara Tawar terbagi menjadi dua bagian yakni GITET 500 kV Muara Tawar dan GI 150 kV Muara Tawar yang ditargetkan beroperasi pada 2020.

"HV Apparatus dilakukan untuk memastikan kesesuaian spesifikasi peralatan GITET dengan approved drawing. Pengecekan ini dilaksanakan pada masa konstruksi hingga comissioning (inspeksi) sebelum pemberian tegangan untuk selanjutnya dilakukan serah terima proyek kepada unit transmisi," ujar Ratnasari, Kamis (8/8/2019).

Pengoperasian Gardu Induk 150 kV Muara Tawar berkapasitas 2 X 60 MVA ini mendapatkan supply dari 2 unit Interbus Transformator (IBT) 500kV PLTGU Muara Tawar dan kemudian disalurkan ke empat Gardu Induk lainnya untuk mendukung peningkatan kehandalan kelistrikan. 



Sumber: BeritaSatu.com