Kasus Polisi Tembak Polisi, Penyidik Limpahkan Berkas Tersangka ke Jaksa

Kasus Polisi Tembak Polisi, Penyidik Limpahkan Berkas Tersangka ke Jaksa
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono (tengah). ( Foto: ANTARA FOTO / Indrianto Eko Suwarso )
Bayu Marhaenjati / CAH Senin, 12 Agustus 2019 | 11:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Penyidik telah mengirimkan berkas perkara tersangka Rangga Tianto -anggota Ditpolair Baharkam Polri berpangkat Brigadir- yang menembak rekannya Bripka Rahmat Efendy hingga meningga dunia, ke kejaksaan.

"Sekarang masih dalam proses penyidikan. Prosesnya sudah sampai tahap 1, berkas sudah kita serahkan ke kejaksaan dan tentunya akan dilakukan penelitian," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, Senin (12/8/2019).

Dikatakan Gatot, jika jaksa telah menyatakan lengkap berkas perkaranya (P21), tentunya akan dilakukan pelimpahan tahap dua tersangka dan barang bukti.

"Tapi kalau masih ada kekurangan, nanti jaksa akan kirimkan P19, apa kekuranganya nanti kita akan lengkapi," ungkap Gatot.

Menurut Gatot, berkas perkara sudah dikirim ke kejaksaan sejak awal bulan Agustus kemarin. "Sekitar awal Agustus ini kita serahkan (berkas) ke JPU. Sekarang masih tahap 1," kata Gatot.

Sebelumnya diberitakan, Rangga nekat menembak seniornya Bripka Rahmat hingga meninggal dunia, di Polsek Cimanggis, Kamis (25/7/2019) lalu. Berdasarkan informasi, kronologi kasus penembakan itu bermula ketika korban Bripka Rahmat yang merupakan anggota Ditlantas Polda Metro Jaya mengamankan terduga pelaku tawuran berinisial FZ dengan barang bukti celurit ke Polsek Cimanggis, sekitar pukul 20.30 WIB.

Beberapa waktu kemudian, datang orang tua FZ bersama Brigadir Rangga dan Brigadir R meminta agar FZ untuk dibina saja oleh orang tuanya. Namun, korban menyampaikan proses sedang berjalan dan dirinya sebagai pelapornya dengan nada agak keras.

Hal itu diduga membuat Brigadir Rangga emosi, kemudian mengeluarkan senjata api jenis HS 9 dan menembak ke arah korban sebanyak tujuh kali, mengenai dada, leher, paha, dan perut. Korban meninggal dunia di lokasi.

 



Sumber: BeritaSatu.com