Pemda DKI Akan Lakukan Upacara HUT ke-74 RI di Pulau Reklamasi, Ini Alasannya

Pemda DKI Akan Lakukan Upacara HUT ke-74 RI di Pulau Reklamasi, Ini Alasannya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanam pohon, menaruh batu pertama jalur sepeda dan jogging di Pantai Kita & Pantai Maju, pulau reklamasi, Jakarta Utara, Minggu pagi, 23 Desember 2018. ( Foto: istimewa )
Lenny Tristia Tambun / FMB Rabu, 14 Agustus 2019 | 20:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Akhirnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memutuskan untuk menyelenggarakan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) di Pantai Maju atau Pulau D, hasil proyek reklamasi pada 17 Agustus 2019.

Keputusan itu tertuang dalam Instruksi Gubernur nomor 71 tahun 2019 tentang Upacara Pengibaran Bendera dalam Rangka Peringatan Hari Ulang tahun ke 74 RI.

Ingub tersebut ditandatangani Anies Baswedan pada 12 Agustus 2019. Dalam peraturan tersebut, Anies meminta pegawai di Pemprov DKI Jakarta untuk datang ke upacara pada Sabtu (17/8/2019) mulai pukul 07.30 WIB. Tempatnya, Kawasan Pantai Maju, Kota Administrasi Jakarta Utara.

Anies pun menjelaskan alasan memutuskan menggelar upacara HUT RI di Pantai Maju.

“Jadi begini. Dulu lahan hasil reklamasi adalah wilayah tertutup. Bahkan media masuk ke sana tak bisa karena dijaga ketat, seakan-akan milik pribadi dan swasta. Kemudian kita ubah menjadi kawasan terbuka, milik RI, yang seluruh warga negara bisa masuk ke kawasan itu,” kata Anies Baswedan di DPRD DKI, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Tidak hanya itu, penyelenggaraan upacara HUT Kemerdekaan untuk menyimbolkan kepemilikan lahan reklamasi adalah milik negara, bukan milik pribadi.

“Maka kita adakan upacara di sana sebagai simbol Tanah Air kita. Kita selenggarakan peringatan tanah air ini di hasil tanah, yang dulunya dikuasai dan tertutup oleh swasta. Sehingga pesan tidak ada wilayah eksklusif tertutup, milik kami dan RI. Maka kita selenggarakan upacara bendera di tempat ini. Menandai tanah ini di bawah kibaran merah putih,” terang Anies Baswedan.

Di tempat terpisah, Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja sama Luar Negeri DKI Jakarta, M Mawardi mengatakan ada sekitar 4.000 pegawai negeri sipil (PNS) DKI yang akan mengikuti upacara bendera merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74.

“Ada sekitar 4.000 pegawai yang ikut. Karena semua SKPD akan hadir, kecuali yang lima wilayah kota dan kabupaten,” kata Mawardi.

Untuk keberangkatan ribuan PNS DKI tersebut, pihaknya akan menyediakan 75 unit bus dengan 12 kali keberangkatan. Bus akan disebar di Balai Kota, Dinas Teknis Jatibaru, Dinas Teknis Abdul Muis, Dinas Kesehatan, Dinas PM-PTSP, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pemberdayaan Anak dan Perempuan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelematan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.



Sumber: BeritaSatu.com