PT MRT Jakarta Kerja Sama Soul Metro Korea untuk Tingkatkan Pelayanan

PT MRT Jakarta Kerja Sama Soul Metro Korea untuk Tingkatkan Pelayanan
Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar (kedua kanan), dan CEO Seoul Metro, Taeho Kim (kedua kiri) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman di kantor PT MRT Jakarta, Wisma Nusantara, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Lenny Tristia )
Lenny Tristia Tambun / WBP Kamis, 15 Agustus 2019 | 13:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menjalin kerja sama dengan Seoul Metro, perusahaan asal Korea yang mengoperasikan kereta bawah tanah terpanjang di dunia, guna semakin meningkatkan kualitas pelayanan pada penumpang.

Untuk itu, PT MRT Jakarta melakukan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) terkait “Kerja sama Pengembangan Kapasitas Operasi dan Pemeliharaan dalam Kereta Api Perkotaan.” Penandatanganan dilakukan Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, dan Chief Executive Officer Seoul Metro, Taeho Kim di kantor PT MRT Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2019).

Nota kesepahaman meliputi pengembangan pengoperasian dan pengelolaan pusat kendali operasi (OCC); pengembangan kemampuan perawatan rolling stock dan depo; pengembangan pengetahuan atas kemampuan SAMBA (Smart Automatic Mechanical Big data Analysis-system) dan smart station; pengelolaan automatic fare collection (AFC); serta berbagai kegiatan knowledge sharing terkait lainnya.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P Sabandar mengatakan rencananya nota kesepahaman berlaku selama dua tahun ke depan. "Penandatanganan ini kunjungan balasan sebagai tindak lanjut benchmarking PT MRT Jakarta pada Juni 2019 lalu di Korea Selatan," kata William Sabandar.

William Sabandar mengatakan, Seoul Metro merupakan salah satu operator kelas dunia yang mengelola delapan jaringan sepanjang 340 kilometer. "Kami menganggap perlu mendapatkan pengetahuan dari keandalan operasional mereka, terutama terkait penggunaan teknologi data raksasa (big data) dalam aspek operasional stasiun dan menjalankan rangkaian kereta,” kata William P Sabandar di dalam acara tersebut.

Ia mengharapkan kompetensi operasionalisasi MRT Jakarta dapat meningkat dengan baik melalui kerja sama ini. Sebab, Seoul Metro pernah meraih penghargaan Operational and Technological Excellence dari UITP (Union Internationale des Transports Publics) adalah the International Association of Public Transport untuk proyek "Introducing Observer Pattern-based system for failure prediction of railway facilities (SAMBA)”

“Seoul Metro ini punya kecanggihan teknologi serta pelayanan yang baik. Penandatanganan hari ini untuk tukar pengalaman. dan melihat hal-hal apa yang bisa kita pelajari dari pihak Seoul Metro. Apalagi CEO Seoul Metro, Taeho Kim, adalah orang yang berpengalaman dalam industri perkeretaapian,” ujar William P Sabandar.



Sumber: BeritaSatu.com