2 Bandit Beraksi di Rest Area Dibekuk Polisi

2 Bandit Beraksi di Rest Area Dibekuk Polisi
ilustrasi ( Foto: istimewa )
Bayu Marhaenjati / JAS Jumat, 16 Agustus 2019 | 14:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Polisi mengamankan dua bandit berinisial R dan J, yang kerap melakukan pencurian dengan sasaran pengemudi mobil yang parkir di rest area atau tempat istirahat jalan tol. Sementara, dua orang kawannya masih dalam pencarian.

"Ada dua tersangka yang diamankan berinisial R dan J. R berperan mengamati daerah sekitar, J mengendarai mobil," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, Jumat (16/8/2019).

Dikatakan Argo, penyidik masih memburu dua orang pelaku lainnya berinisial A dan D. Keduanya, berperan sebagai pemetik.

"Mereka pemain lama, tetapi mengakunya baru sebulan. Ada dua DPO (daftar pencarian orang) atas nama A dan D, perannya pemetik," ungkapnya.

Argo menyampaikan, kedua pelaku ditangkap ketika hendak menjalankan aksinya di Rest Area KM 39, Cikarang, Bekasi.

"Sasarannya sopir kendaraan yang istirahat di rest area. Terkadang sopir tidur dengan jendela dibuka, pintu dibuka. Itu mudah diambil dompet, handphone atau tas. Ada juga mobil diparkir, ditinggal, mobil tidak dikunci. Jadi sasarannya adalah mobil yang tidak terkunci," ungkap Argo.

Argo menuturkan, modus kelompok ini menyisir parkiran rest area, mulai dari Jalan Tol Merak sampai Jalan Tol Cikampek untuk mencari para target yang berkunjung ke rest area. Setelah mendapatkan target yang akan dijadikan korban -biasanya para korban sedang beristirahat dan kaca kendaraan dalam keadaan terbuka- pelaku mengambil barang-barang milik korban.

"Barang bukti yang disita ada mobil, handphone, pisau untuk menyobek tas dan diambil isinya. Para pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP, ancaman hukumannya 5 tahun," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com