Pemkot Jakut Akan Rampungkan 6 Taman Maju Bersama

Pemkot Jakut Akan Rampungkan 6 Taman Maju Bersama
Anak-anak bermain di taman lalu lintas, RPTRA Kebon Pala, Halim, Jakarta Timur, 5 Maret 2018. ( Foto: BeritaSatu Photo / Joanito De Saojoao )
Carlos Roy Fajarta / WBP Selasa, 20 Agustus 2019 | 11:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara melalui Suku Dinas Kehutanan Jakarta Utara dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) terkait akan merampungkan enam Taman Maju Bersama (TMB) hingga akhir Agustus 2019. Sebagaimana diketahui TMB yang digagas Gubernur DKi Anies Baswedan merupakan nama pengganti dari Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang dikembangkan pendahulunya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Secara teknis dan fungsi antara TMB dengan RPTRA hampir sama, perbedaannya keberadaan bangunan serbaguna yang biasanya digunakan untuk perpustakaan, kegiatan PKK dan Posyandu tidak ada. Kalau TMB lebih fokus pada RTH, sarana olahraga dan sarana bermain anak," ujar Kepala Suku Dinas Kehutanan Jakarta Utara Putut Widya Martata, Selasa (20/8/2019) kepada Beritasatu.com ketika dikonfirmasi.

Disebutkannya, TMB secara teknis membutuhkan luas lahan antara 1.500 - 2.000 meter persegi. Warga yang akan mengusulkan pembangunan TMB di lingkungan tempat tinggalnya harus memiliki luas areal tersebut. Selain itu, TMB dikelilingi pemukiman padat penduduk dan bebas banjir.

"Di Jakarta Utara akan ada enam TMB yang nantinya diresmikan secara bersama-sama dengan total 50 TMB di DKI Jakarta. TMB di Jakarta Utara itu di antaranya adalah TMB Maramba & Bahariwan (Kelapa Gading), TMB Bintaro (Cilincing), TMB Palem (Koja), TMB Sunter Jaya RW08 & TMB Gorontalo (Tanjung Priok)," ungkap Putut Widya Martata.

Dikatakannya, saat ini pengerjaan enam TMB di Kota Jakarta Utara hampir rampung atau mencapai 80 persen. Hingga kini, Pemkot Jakarta Utara masih menerima masukan dari masyarakat untuk menambah keberadaan TMB di Jakarta Utara.

Sebagaimana diketahui hingga 2018, total ada 64 RPTRA yang tersebar di berbagai kecamatan dan kelurahan di Kota Jakarta Utara.



Sumber: Suara Pembaruan