Peringatan HUT RI Dijadikan Momen Rawat Semangat Kebinekaan

Peringatan HUT RI Dijadikan Momen Rawat Semangat Kebinekaan
Pengurus PPPSRS Gading Nias Residences (GNR) dan Grand Emerald Apartment (GEA), serta melibatkan warga apartemen menyelenggarakan "Jalan Sehat Warga GNR dan GEA" dalam rangka HUT ke-74 RI, Sabtu (24/8/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Sabtu, 24 Agustus 2019 | 17:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Momentum hari-hari besar nasional, seperti event tahunan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI menjadi wadah efektif untuk mempererat hubungan antara penghuni, karyawan badan pengelola, dan pengurus PPPSRS (Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun) di lingkungan hunian apartemen.

Jalan Sehat

Di beberapa kawasan apartemen, PPPSRS selalu memanfaatkan 'tradisi' tahunan ini untuk mengakrabkan semua stakeholder yang ada di dalamnya.

Hal ini juga dilakukan oleh pengurus PPPSRS Gading Nias Residences (GNR) dan Grand Emerald Apartment (GEA), serta melibatkan warga apartemen menyelenggarakan kegiatan 'Jalan Sehat Warga GNR dan GEA' dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI, di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (24/8/2019). Dengan menempuh rute berjarak sekitar 3,2 kilometer (Km), kegiatan jalan sehat ini diikuti sekitar 300 peserta.

Ketua PPPSRS Gading Nias Residences, Edison Manurung, mengatakan, di samping untuk memperingati perjuangaan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan, acara ini sekaligus diharapkan dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan warga yang datang dari berbagai etnis, agama, dan kepercayaan, serta untuk merawat Kebhinekaan.

"Kawasan apartemen GNR dan GEA merupakan miniatur dari bangsa Indonesia. Warganya terdiri-dari suku-suku bangsa yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dengan agama yang juga beragam. Karena itu, pengurus PPPSRS dan Badan Pengelola secara rutin mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat menyatukan mereka," ujar Edison di sela-sela acara.

Menurut Edison, kegiatan jalan sehat ini merupakan acara puncak dari serangkaian lomba seluruh komunitas yang ada di GNR dan GEA yang sudah selesai dilaksanakan. Seperti senam sehat, tenis meja, catur, futsal, basket, tarik tambang, mewarnai, balap karung, dan lain sebagainya.

"Momentum hari ini yang membuat pengurus PPPSRS, Badan Pengelola, dan warga berkumpul dalam suasana keakraban. Dengan saling kenal, maka dalam menjalankan program kerja pengurus dapat berjalan lancar,” kata Edison Manurung,

Sementara itu, Ketua RW 027, Loi Febri, mengatakan, serangkaian lomba dan Jalan Sehat warga adalah bentuk sinergitas PPPSRS, Badan Pengelola, warga GNR dan GEA dalam mewujudkan kehidupan yang harmonis dan nyaman di lingkungan apartemen.

Apartment Manager GNR, Budi Sitorus, mengatakan, semangat partisipasi warga GNR dan GEA yang sangat tinggi menunjukka adanya semangat kebersamaan di dalam perbedaan. "Dengan memahami kebhinekaan di antara mereka, tercipta rasa persatuan dan kerukunan antar warga," tandas Budi Sitorus.

Acara puncak kegiatan ini, ditandai dengan penyerahan hadiah-hadiah lomba oleh Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS) dan Badan pengelola.



Sumber: BeritaSatu.com