Kemsos Hibur Penghuni LPKA Klas 1A Tangerang

Kemsos Hibur Penghuni LPKA Klas 1A Tangerang
Kemsos bidang Rehabilitasi Sosial Anak mengunjungi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas 1A Tangerang untuk memberikan hiburan bagi anak-anak warga binaan LPKA Klas 1 Tangerang, Sabtu, 24 Agustus 2019. ( Foto: Beritasatu.com/Chairul Fikri )
Chairul Fikri / CAH Sabtu, 24 Agustus 2019 | 18:30 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Meningkatnya jumlah kasus hukum yang menjerat anak-anak di Indonesia pada medio tahun 2018 hingga tahun 2019 membuat prihatin semua lapisan masyarakat. Bahkan berdasarkan data dari Kementerian Sosial (Kemsos) bidang Rehabilitasi Sosial Anak, angka kasus hukum yang menyeret anak-anak di Indonesia angkanya sudah menyentuh angka 3.000 kasus di seluruh Indonesia.

Untuk itu Kemsos bidang Rehabilitasi Sosial Anak mengunjungi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas 1A Tangerang untuk memberikan hiburan bagi anak-anak warga binaan LPKA Klas 1 Tangerang, Sabtu (24/8/2019).

Direktur Rehabilitasi Sosial Anak pada Kemsos Kanya Eka Santi mengatakan angka tertinggi kasus hukum yang menimpa anak adalah kasus asusila.

"Berdasarkan data dari 3.000 kasus kejahatan anak yang ditangani, 2.200 kasusnya adalah kasus kejahatan asusila. Angka ini lebih banyak diakibatkan mudahnya anak memengakses informasi lewat gawai (internet) yang mereka miliki. Buat kami peningkatan ini sungguh memprihatinkan. Oleh sebab itu, kami bersama Kementerian Hukum dan HAM khususnya melalui Lapas Anak, kami berharap ada pembinaan yang baik dan benar saat mereka berada disini (LPKA)," ungkap Kanya.

Ditambahkan Kanya, selain melakukan pembinaan dan pelatihan ESQ atau pelatihan kecerdasan lewat emosional dan spiritual dirinya juga berharap dukungan orangtua, keluarga dan lingkungan.

Pihak LPKA Klas 1A yang diwakili Heti Hartati selaku Kasie Pembinaan LPKA Klas I Tangerang sangat menyambut baik upaya pendampingan dan kerja sama yang dilakukan pihak Kemsos dengan menggelar acara-acara yang ramah bagi anak. Hal ini bisa memberikan hiburan dan juga pengetahuan kedepan bagi anak-anak didiknya yang kini berada di LPKA Klas 1 Tangerang ini.

"Kegiatan ini pastinya sangat positif dan sangat baik diselenggarakan di sini. Dengan kegiatan seperti ini, mereka merasa terhibur dan merasa diperhatikan oleh pemerintah dan lingkungannya. Pihak LPKA Klas 1 Tangerang pastinya akan terbuka menyambut aksi-aksi sosial seperti yang dilakukan oleh Kemsos ini atau dari lembaga dan komunitas lain," tandasnya.

Dalam kegiatan yang dilakukan oleh Kemsos yang bekerjasama dengan LPKA Klas 1 Tangerang itu, para anak didik LPKA Klas 1 Tangerang diajak bermain, bernyanyi dan diberikan kepercayaan untuk mempertunjukan kemampuannya dalam hal bermusik. Salah satunya dengan memperagakan kepiawaian sejumlah anak didik di LPKA Klas 1A Tangerang dalam bermain alat musik band dan juga memainkan musik hadroh dibawah asuhan pelatih Andri Ferly selaku Staff Pembinaan dan Kegiatan dan Bergy Riyadi selaku Kasubsie Pendidikan dan Latihan Keterampilan LPKA Klas 1A Tangerang.



Sumber: BeritaSatu.com