Wali Kota Depok Siap Bantu Kelancaran Pembangunan UIII

Wali Kota Depok Siap Bantu Kelancaran Pembangunan UIII
Mohammad Idris. ( Foto: Antara )
Bhakti Hariani / CAH Senin, 26 Agustus 2019 | 11:13 WIB

Depok, Beritasatu.com - Wali Kota Depok Mohammad Idris dengan tegas mengatakan siap membantu menuntaskan permasalahan terkait ganti rugi lahan warga yang terkena proyek pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

"Kami tentu akan membantu menuntaskan permasalahan tersebut termasuk menyelesaikan pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), penataan jalan sekitar kampus dan lainnya," ujar Idris di Depok, Jawa Barat, Senin (26/8/2019).

Penegasan tersebut diungkap Idris berkaitan dengan permintaan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla saat meninjau proyek pembangunan Rektorat dan asrama mahasiswa di kampus UIII Cimanggis, Kamis (22/8/2019).

Salah satu bentuk bantuan yang akan dilakukan Pemkot Depok adalah memberikan keringanan percepatan IMB dan secepatnya menyelesaikan IMB serta masalah ganti untung yang diminta sebagian warga karena bangunan terkena proyek tersebut

"Memang masih ada masalah terkait pembebasan lahan dan orang yang menempati lahan. Kami akan bantu mempercepat penyelesaiannya," kata Idris.

Wali kota juga berharap agar semua berjalan sesuai rencana yang telah diprogramkan sebelumnya. Dirinya menyambut baik Program Strategis Nasional ini yang sesuai dengan Perpres bertempat di Kota Depok.

"Tentunya, kami mendukung kehadiran UIII yang berbeda dengan perguruan tinggi yang ada, terlebih kampus yang fokus pada masalah keagamaan, teknologi, sistem pengajaran modern dan kapasitas nasional. Apalagi, di sini udaranya masih bagus, kondisi nyaman dan yang dicari memang lahannya masih luas," tutur Idris.

Sementara itu, kondisi infrastruktur Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) sudah mulai dikerjakan. Kepala Biro Umum Kementerian Agama Syafrizal mengatakan, proyek pembangunan segera berjalan, sesuai masa akhir pembangunan pada Februari 2020.

"Batas akhir pembangunan pada Februari mendatang, karena kita menggunakan sistem pembangunan multi years," kata Syafrizal.

Dia juga menegaskan pembangunan di tahap satu dan tahap tiga akan segera dikerjakan, pada 22 Agustus 2019.
Syafrizal juga menyampaikan Wapres meminta kepada Walikota Depok, Kapolresta Depok, dan Dandim 0508/Kota Depok untuk sama-sama menyelesaikan masalah UIII.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Depok Lienda Ratnanurdianny menegaskan, proyek harus berjalan, dan Pemkot Depok berkewajiban tunduk dan membantu Proyek Strategis Nasional (PSN) UIII. Pihaknya mengaku secara teknis sudah berkomunikasi bersama lurah dan warga.



Sumber: BeritaSatu.com