Bank DKI Siap Layani Penyandang Disabilitas sebagai Pelanggan Platinum

Bank DKI Siap Layani Penyandang Disabilitas sebagai Pelanggan Platinum
Gubernur DKI, Anies Baswedan meluncurkan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) kepada masyarakat berkebutuhan khusus di Gelanggang Olahraga Matraman, Jakarta Timur, Rabu pagi, 28 Agustus 2019. ( Foto: Beritasatu.com/Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / FER Rabu, 28 Agustus 2019 | 19:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Bank DKI menyatakan siap melayani kaum disabilitas yang mendapatkan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) dengan layanan terbaik, bahkan sebagai pelanggan platinum.

Hal ini sesuai dengan arahan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Yakni, untuk memprioritaskan warga penyandang disabilitas dalam pemberian layanan secara berkeadilan.

"Khusus nanti sampaikan kepada seluruh jajaran di Bank DKI, layani para penyandang disabilitas dan lansia sebagai customer platinum di Bank DKI. Hormati mereka. Jadi, kalau mereka datang justru diprioritaskan, dinomorsatukan. Begitu kita bisa menghargai orang tua dan menghargai mereka yang berkebutuhan khusus. Insyaallah bangsa kita akan makin tinggi peradabannya. Di situ adabnya kita,” kata Anies Baswedan dalam peluncuran KPDJ di Gelanggang Remaja Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Rabu (28/8/2019).

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini, menegaskan, pelayanan kepada pemegang Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta sebagai pelanggan platinum dilakukan dengan menyediakan banyak manfaat dalam penggunaan kartu tersebut.

"Peluncuran kartu ini merupakan bagian dari sinergi Bank DKI dengan Dinas Sosial DKI. Penerima KPDJ dapat memanfaatkan kartu multifungsi. Termasuk didalamnya sebagai kartu ATM maupun Jakcard Bank DKI, dengan berbagai fasilitas publik,” kata Herry Djufraini.

Diantaranya, gratis naik Transjakarta di 13 koridor, pangan bersubsidi berupa beras, daging sapi/ayam, ikan, dan telur dengan fungsi Debit ATM Bank DKI, serta menjadi anggota Jakgrosir.

"Tidak hanya itu pemegang kartu ini juga mendapat fasilitas berbelanja produk kebutuhan sehari-hari dengan harga murah melalui fungsi Debit ATM Bank DKI,” ujar Herry Djufraini.

Adapun untuk tahap pertama, pihaknya telah mendistribusikan 7.137 kartu dari total 14.000 KPDJ.

Dijelaskannya, penyaluran KPDJ bertujuan untuk membantu Penyandang Disabilitas untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar
dan mengakses pelayanan dasar secara wajar sesuai ketentuan serta meningkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas.

Dengan keterbatasan yang dimiliki pemegang KPDJ, Herry Djufraini mengimbau nasabah yang tidak memiliki kecakapan untuk melakukan transaksi perbankan agar dapat didampingi oleh orang yang diberikan kuasa dengan membawa surat kuasa, KTP pemberi kuasa dan penerima kuasa.

"Untuk penerima KPDJ dibawah umur dapat diwakili oleh orang tua dan wali dengan membawa kartu keluarga dan akte lahir,” terang Herry Djufraini.

Ia juga mengimbau para pemegang KPDJ atau penerima kuasa KPDJ untuk melakukan penarikan tunai di ATM Bank DKI. Karena penarikan dana KPDJ di mesin ATM bank lain dikenakan biaya sesuai ketentuan bank yang bersangkutan.

“Selain itu, Pemegang KPDJ harus berhati-hati dan waspada serta tidak memberikan PIN kepada orang yang tidak berkepentingan. Pemegang KPDJ dapat menghubungi Call Center 24 Jam Bank DKI di nomor ‪1500 351‬ untuk informasi lebih lanjut,” papar Herry Djufraini.

Sebelumnya secara simbolis Gubernur DKI, Anies Baswedan, meresmikan penyaluran 7.137 KPDJ. Kegiatan tersebut diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah dan Direktur Kredit UMK dan Unit Usaha Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi.

Melalui KPDJ, Penyandang Disabilitas akan mendapatkan Dana Bansos Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) Penyandang Disabilitas Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp 300.000 per penyandang disabilitas per bulan.

 



Sumber: BeritaSatu.com