Ratusan Pencari Suaka Masih di Penampungan Kalideres

Ratusan Pencari Suaka Masih di Penampungan Kalideres
Ratusan pencari suaka, masih berada di gedung tempat penampungan sementara, di Jalan Bedugul, Komplek Daan Mogot Baru, Kalideres, Jakarta Barat. (Foto: Beritasatu Photo / Bayu Marhaenjati)
Bayu Marhaenjati / WBP Senin, 2 September 2019 | 13:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com -Ratusan pencari suaka masih berada di gedung tempat penampungan sementara, di Jalan Bedugul, Komplek Daan Mogot Baru, Kalideres, Jakarta Barat, Senin (2/9/2019) pagi. Mereka masih menunggu United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) datang, kemudian didata, sebelum pergi meninggalkan tempat penampungan sementara.

"Iya (UNHCR) mau ke sini, tapi belum datang. Belum tahu jam berapa ke sini. Iya, semuanya sedang tunggu," ujar Behroz (18), pengungsi asal Afganistan, kepada Beritasatu.com, di tempat penampungan sementara, Jalan Bedugul, Komplek Daan Mogot Baru, Kalideres, Jakarta Barat.

Behroz menyampaikan, sejak Sabtu (31/8/2019) malam, mereka tinggal di penampungan sementara tanpa aliran listrik. "Tidak ada listrik, air tidak ada. Mandi di luar, toilet umum. Masih ada sekitar 400 orang di sini," ungkap Behroz.

Sementara Muhammad Hanif, pengungsi asal Pakistan mengatakan, dirinya belum tahu kapan keluar dari tempat penampungan sementara di Jalan Bedugul, Kalideres. Sebab, masih menunggu pihak UNHCR. "Kita belum tahu kapan keluar. Di sini tinggal banyak orang, bisa di sini? Karena tidak ada tempat tidur, tidak ada kamar mandi, tidak ada air minum. Mandi di luar, lampu sudah dua hari tidak menyala," kata Muhammad Hanif.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, pihak UNHCR memang belum berada di tempat penampungan sementara, hingga pukul 11.00 WIB. Bus atau mobil yang akan membawa para pengungsi juga belum terlihat, di lokasi.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, telah menghentikan bantuan kemanusian berupa tempat penampungan sementara bagi para pencari suaka, di Jalan Bedugul, Komplek Daan Mogot Baru, Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (31/8/2019) kemarin.

Petugas UNHCR secara bertahap sudah membawa pengungsi keluar dari tempat penampungan sementara, sejak Kamis hingga Sabtu kemarin. Namun, belum semua pengungsi berhasil dibawa keluar. Rencananya, hari ini pihak UNHCR kembali berupaya membawa keluar pengungsi dari tempat penampungan sementara.

Sementara petugas kepolisian dan Satpol PP terlihat melakukan pengamanan, di lokasi. Situasi terpantau aman dan kondusif.



Sumber: BeritaSatu.com