Logo BeritaSatu
Penerapan Pajak Online

BPRD DKI Targetkan 12.000 Wajib Pajak

Kamis, 5 September 2019 | 18:41 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Pajak dan Retrebusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta menargetkan sebanyak 12.000 wajib pajak (WP) hotel, restoran, tempat hiburan dan parkir di Ibukota, menerapkan online system pelaporan pajak daerah.

Kepala BPRD DKI Jakarta, Faisal Syafruddin mengatakan, pihaknya telah meluncurkan online system. Dengan begitu, pelaporan pajak daerah dapat diketahui secara cepat dan besaran dana yang disetorkan ke kas daerah sesuai dengan pelaporan tersebut.

"Jadi, saat pajak daerah di antaranya restoran yang dilaporkan oleh wajib pajak melalui online system ini bisa langsung terpantau di sistem yang terpasang di BPRD DKI. Sistem pajak online dapat membantu berapa besaran uang pajak restoran yang dilaporkan sehingga wajib pajak secara cepat dan tepat jumlah uang yang wajib disetorkan," kata Faisal Syafruddin ketika ditemui saat memonitor penerapan online system di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Puri Kembangan, Kamis (5/9/2019).

Faisal menjelaskan, sistem pelaporan pajak online berupa perangkat lunak atau software ini terinstal dari komputer pembayaran wajib pajak yang terkoneksi ke dalam sistem di kantor BPRD DKI Jakarta.

"Kami menargetkan sekitar 12.000 wajib pajak akan terkoneksi pelaporan pajak daerah secara cepat dan riil hingga tahun ini. Total setiap lima wilayah kota di Jakarta telah menerapkan online system ini,” ujar Faisal Syafruddin.

Faisal menegaskan, wajib pajak restoran, hiburan, hotel dan parkir yang menolak menerapkan online system pelaporan pajak daerah akan dikenakan sanksi tegas.

"Sanksi tegas bagi wajib pajak yang menolak berupa pencabutan izin usaha. Bahkan, siapapun yang merusak akan dikenakan sanksi sesuai aturan hukum yakni pidana maupun perdata," tegas Faisal Syafruddin.

Sementara itu, Kasudin BPRD Jakarta Barat, Hendarto menambahkan, pihaknya menargetkan sebanyak 834 wajib pajak akan menerapkan online system pelaporan pajak hingga akhir 2019.

"Sebelumnya, sebanyak 998 wajib pajak restoran, hotel, tempat hiburan dan parkir juga telah menerapkan online system pajak daerah bekerja sama dengan BRI dan alat E-Post," kata Hendarto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anies Dukung Total Heru Budi Hartono Jadi Pj Gubernur DKI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat kepada Heru Budi Hartono yang dikabarkan telah ditetapkan sebagai Pj Gubernur DKI.

NEWS | 7 Oktober 2022

Kasus Lukas Enembe, Masyarakat Diminta Waspadai Provokasi

Masyarakat Papua diminta mewaspadai provokasi terkait kasus Lukas Enembe yang bisa membuat situasi menjadi tidak kondusif.

NEWS | 7 Oktober 2022

Jalan Protokol Kota Bekasi Digenangi Banjir Sedalam 50 Cm

Jalan protokol di Kota Bekasi terpantau terendam banjir sedalam 50 cm, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 7 Oktober 2022

Kejagung Diminta Tak Buru-buru Umumkan Kerugian Negara Korupsi Surya Darmadi

Kejagung diminta tak tergesa-gesa menyampaikan nilai kerugian negara dalam perkara dugaan korupsi bos PT Duta Palma Group, Surya Darmadi. 

NEWS | 7 Oktober 2022

Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Kabag Ops dan Kasat Samapta Polres Malang Belum Dicopot

Dua polisi tersangka tragedi Kanjuruhan belum dicopot dari jabatannya karena masih menunggu pemeriksaan minggu depan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Besok, Puan Maharani Temui Airlangga Hartarto di Monas

Puan Maharani akan bersilaturahmi dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Monumen Nasional (Monas), Jakarta. 

NEWS | 7 Oktober 2022

Jokowi Pilih Pj Gubernur Pengganti Anies dalam Waktu Singkat

Presiden Jokowi memutuskan Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies dalam kurun waktu tiga hari saja.

NEWS | 7 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Soroti Penggunaan Gas Air Mata

Presiden Jokowi memperhatikan penggunaan gas air mata yang dilakukan personel kepolisian saat terjadinya Tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Baim Wong Mengeklaim Spontan Buat Konten Prank KDRT

Baim Wong mengeklaim spontan membuat konten prank KDRT bersama istrinya Paula Verhoeven. Konten prank KDRT itu membuat Baim Wong diperiksa polisi.

NEWS | 7 Oktober 2022

2 Jam Diguyur Hujan, Kota Bekasi Dikepung Banjir

Hujan yang mengguyur Kota Bekasi dan sekitarnya selama dua jam tadi menyebabkan sejumlah ruas jalan dan perumahan di Kota Bekasi terendam banjir.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Coinweb Perluas Ekspansi Bisnis ke Uni Emirat Arab

Coinweb Perluas Ekspansi Bisnis ke Uni Emirat Arab

EKONOMI | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings