Oktober, Anies Akan ke Denmark Hadiri Forum Kualitas Udara

Oktober, Anies Akan ke Denmark Hadiri Forum Kualitas Udara
Anies Baswedan. ( Foto: Antara )
Lenny Tristia Tambun / FMB Jumat, 6 September 2019 | 15:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dijadwalkan akan menghadiri pertemuan global C40 Mayors’ Summit di Copenhagen, Denmark, pada 10-12 Oktober 2019.

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Jakarta, Muhamad Mawardi membenarkan hal itu. Sampai saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI masih mengomunikasikan terkait kemungkinan Anies menjadi pembicara dalam forum tersebut.

“Ada rencana hadir. Sedang kita komunikasikan,” kata Muhamad Mawardi di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Karena masih dikomunikasikan mengenai hal itu, maka Pemprov DKI belum bisa memesan tiket untuk keberangkatan Anies dan rombongan ke Denmark bulan depan.

Soal persiapan Pemprov DKI Jakarta untuk mengikuti pertemuan global C40 Mayors’ Summit, telah Anies Baswedan ungkapkan melalui akun Instagram-nya, @aniesbaswedan, Rabu (4/9/2019).

Persiapannya yakni menggelar diskusi panel bersama Kedutaan Besar Denmark dan C40 Cities for Climate Leadership Group. Diskusi panel bertajuk "Bersihkan Udara, Atasi Bencana Iklim" itu bertujuan untuk mengumpulkan praktik-praktik dan ide-ide untuk memperbaiki kualitas udara.

"Diskusi panel ini diadakan dalam rangkaian persiapan Jakarta mengikuti pertemuan global C40 Mayors’ Summit di Copenhagen, Denmark, pada 10-12 Oktober 2019. Pertemuan tersebut akan menjadi ajang bagi kota-kota dunia untuk berbagi pengalaman dan menyatakan komitmen percepatan aksi-aksi iklim dan perbaikan kualitas udara," tulis Anies dalam keterangan foto yang diunggah di akun Instagram-nya.

Seperti diketahui, Anies Baswedan tercatat sudah empat kali berkunjung ke luar negeri sepanjang tahun 2019. Bila jadi ke Denmark, maka ini ke lima kalinya Anies Baswedan pergi ke luar negeri.

Dari empat kunjungan tersebut, dua kunjungan dikategorikan sebagai kunjungan kerja, dua kunjungan lainnya disebut kunjungan singkat/sehari.

Anies Baswedan pertama kali berangkat ke luar negeri pada 2 Maret 2019. Dia menjenguk istri mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yaitu Ani Yudhoyono, yang saat itu dirawat di National University Hospital, Singapura. Perjalanannya menggunakan dana pribadi.

Kemudian, Anies Baswedan kembali berangkat ke Singapura pada 3 Mei 2019. Dia menjadi keynote speaker dalam The Pyramid’s Annual Post-AGM Gala Dinner. Dia berangkat untuk memenuhi undangan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan.

Seluruh biaya transportasi dan akomodasi Anies Baswedan saat itu disebut ditanggung oleh pihak penyelenggara.

Selanjutnya, Anies Baswedan menghadiri pertemuan Urban 20 (U20) Mayors Summit Agenda di Tokyo, Jepang, pada 20-21 Mei 2019. Dia menjadi pembicara mengenai perubahan iklim. Pemprov DKI menyebut ini sebagai kunjungan kerja pertama Anies pada 2019.

Terakhir, Anies Baswedan berangkat ke Medellin, Kolombia, dan Amerika Serikat, pada 8-17 Juli 2019. Ada sejumlah kegiatan yang dihadiri Anies dalam rangkaian kunjungan kerja tersebut.

Dis ana, Anies Baswedan menjadi pembicara pada pertemuan pemimpin kota sedunia, The World Cities Summit Mayors Forum 2019, pembicara pada pertemuan USINDO Open Forum, dan bernegosiasi dengan penyelenggara Formula E sehingga Jakarta bisa menjadi tuan rumah Formula E pada 2020.

Semua kunjungan Anies Baswedan itu disebut sudah disetujui Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.



Sumber: BeritaSatu.com