Penyusunan Tatib DPRD DKI Rampung

Penyusunan Tatib DPRD DKI Rampung
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta periode 2019-2024 mengucap sumpah jabatan saat pelantikan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). Sebanyak 106 orang dilantik menjadi anggota DPRD DKI Jakarta. ( Foto: ANTARA FOTO / Dhemas Reviyanto )
Lenny Tristia Tambun / WBP Senin, 23 September 2019 | 15:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Setelah dilantik selama satu bulan, 106 anggota DPRD DKI periode 2019-2024 langsung mengebut penyusunan tata tertib (tatib). Pasalnya, tatib ini akan menjadi pedoman bekerja anggota dewan selama lima tahun ke depan.

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Muhammad Arifin mengatakan penyusunan tatib menjadi fokus anggota DPRD yang baru. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Kabupaten dan Kota, anggota DPRD DKI di bawah kepemimpinan ketua dan wakil ketua sementara ditugaskan untuk merancang tatib yang baru.

“Selama tatib DPRD yang baru belum diputuskan atau ditetapkan, maka kita merujuk pada tatib DPRD lama yang ditetapkan anggota dewan periode 2014-2019. Karena tidak boleh ada kekosongan aturan hukum. Untuk itu kita menggunakan tatib yang lama selama tatib yang baru belum ditetapkan,” kata Muhammad Arifin, Senin (23/9/2019).

Tatib DPRD DKI Segera Disahkan di Paripurna

Penyusunan dan pembahasan tatib DPRD yang baru sudah selesai. Di dalamnya terdapat 187 pasal. “Draf rancangan tatib itu sudah kita konsultasikan ke Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) pada Jumat (21/9/2019), kemarin,” ujar Muhammad Arifin.

Rancangan tatib itu kini sedang dievaluasi oleh Kemdagri untuk segera disahkan sebagai pedoman aturan kerja DPRD DKI selama lima tahun.



Sumber: BeritaSatu.com