Pelajar yang Diamankan Saat Demo Dipulangkan

Pelajar yang Diamankan Saat Demo Dipulangkan
Ribuan massa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), BEM SI, pelajar, dan elemen lainnya, menggelar aksi unjuk rasa di Jalan Gatot Subroto, dekat dengan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, Selasa, 1 Oktober 2019. (Foto: Beritasatu.com/Bayu Marhaenjati)
Bayu Marhaenjati / BW Kamis, 3 Oktober 2019 | 13:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Polda Metro Jaya dan Polres jajaran, mengamankan 649 orang pelajar, mahasiswa, dan massa lainnya, terkait aksi unjuk rasa yang berakhir ricuh. Mereka demo di kawasan Gedung DPR/MPR, Jalan Gatot Subroto, yang kemudian meluas ke sejumlah titik di Jakarta, Senin (30/9/2019) hingga Selasa (1/10/2019) kemarin.

Pelajar dan mahasiswa yang diamankan sudah dipulangkan untuk dilakukan pembinaan.

"Jadi yang diamankan kemarin khusus mahasiswa dan pelajar itu sudah dipulangkan, sudah diambil semua oleh orang tuanya," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, Kamis (3/10/2019).

Dikatakan Argo, beberapa orang di luar pelajar yang diduga melakukan tindakan melanggar hukum, masih dalam proses pemeriksaan.

"Sedangkan untuk yang di luar pelajar dan mahasiswa ada beberapa yang sedang diperiksa. Dia melakukan pengerusakan, melawan petugas, merusak pos, merusak tameng, merusak mobil petugas di situ," ungkap Argo.

Menyoal berapa jumlah yang masih dalam pemeriksaan, Argo belum bisa menyampaikan karena masih didata. "Sedang dicek lagi berapa jumlahnya," katanya.

Ada tujuh orang terduga perusuh yang diamankan Polda Metro Jaya, diduga mengkonsumsi narkotika. Setelah dilakukan tes, urinenya mengandung narkotika jenis ganja, sabu-sabu, ekstasi, dan benzo. "Saat ini ditangani Ditresnarkoba Polda Metro Jaya," kata Argo.

Ketujuhnya berinisial FGR (15), positif sabu dan ekstasi; FHK (17), positif sabu dan ekstasi; IPMP (22), positif THC (ganja); GR (17), positif ganja dan benzo; MAS (18), positif ganja; BS (18), positif benzo; MR (17), positif ganja.



Sumber: BeritaSatu.com