Situ Rawa Kalong Depok Direvitalisasi

Situ Rawa Kalong Depok Direvitalisasi
Pengerjaan revitalisasi Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat. ( Foto: Beritasatu.com / Bhakti Hariani )
Bhakti Hariani / FMB Senin, 7 Oktober 2019 | 10:10 WIB

Depok, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah pusat serius menata Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis. Ini terbukti dengan sejumlah kucuran dana yang kini telah dijalankan untuk revitalisasi situ tersebut.

Pengerjaan revitalisasi dan penataan Situ Rawa Kalong sendiri oleh Pemprov Jabar sudah berjalan selama satu pekan terakhir. Revitalisasi dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Dinas Sumber Daya Air UPTD PSDA Ciliwung-Cisadane dengan nomor kontrak 602.1/300/SPK/UPTD PSDA Ciliwung-Cisadane/ 2019 dan nilai kontrak sebesar Rp 4.298.377.797.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Dadan Rustandi mengatakan, jenis pekerjaan yang dikerjakan provinsi meliputi pekerjaan persiapan, infrastruktur jalan dan saluran, kios, prasarana trotoar, parkir dan taman. Tak hanya Pemprov Jabar, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga mengucurkan dana APBN untuk revitalisasi situ yang nantinya digadang-gadang menjadi objek wisata di Depok ini.

Proyek revitalisasi pemerintah pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BWSCC) ini sudah dimulai sejak tanggal 20 Juni 2019 dengan waktu pelaksanaan selama 188 hari kalender dan waktu pemeliharaan selama 180 hari kalender.

"Pemerintah pusat mengerjakan pengerukan situ dan pembuatan jogging track," kata Dadan di Balai Kota Depok, Jawa Barat, Senin (7/10/2019).

Lebih lanjut dikatakan Dadan, Situ Rawa Kalong memang tepat dijadikan sebagai tempat wisata air, karena lokasinya strategis dan berdekatan dengan jalan nasional.

"Rawa Kalong sangat berpotensi jadi tempat wisata, apalagi kalau nanti pelebaran jalan di Jalan Nangka sudah maksimal maka akan lebih bagus lagi. Pasti banyak masyarakat yang datang dan tertarik ke sana," ujar Dadan.

Sementara itu Ketua Kelompok Sadar Wisata Situ Rawa Kalong Muhammad Nurdin menuturkan, nantinya di Situ Rawa Kalong akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas kelas yang menjadikan situ ini nyaman sebagai objek wisata. Berbagai fasilitas tersebut yakni main entrance dan welcoming plaza, amphiteater, musala, toilet, kios, floating stage, boardwalk deck, area parkir, pedestarian path, dan tempat pembuangan sampah (TPS).

Dikatakan Nurdin, pelaksanaan pengerjaan proyek revitalisasi di Situ Rawa Kalong hingga hari ini berjalan lancar dan tidak ada kendala apapun. Warga setempat pun sangat mendukung kegiatan revitalisasi di situ ini.

"Alhamdulillah sejauh ini lancar semua. Tidak ada penolakan dan semua warga mendukung revitalisasi di situ ini. Kami berharap situ ini dapat segera menjadi sarana objek wisata yang dapat menjadi alternatif warga Depok sehingga tidak melulu harus ke mal atau pusat perbelanjaan," papar Nurdin.



Sumber: BeritaSatu.com