Dinas SDA DKI Bangun Septic Tank Komunal Gunakan E-Katalog

Dinas SDA DKI Bangun Septic Tank Komunal Gunakan E-Katalog
Ilustrasi E-Katalog ( Foto: Istimewa )
Lenny Tristia Tambun / MPA Senin, 7 Oktober 2019 | 19:45 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini Yusuf mengatakan pembangunan septic tank komunal di 30 lokasi dengan anggaran sebesar Rp 166,2 miliar akan dilakukan dengan konsep lelang e-katalog.

“Nanti akan di lelang. Tapi sekarang ini kita lagi coba masukkan ke e-katalog. Mudah-mudahan tahun ini, proses katalognya seslesai. Jadi di tahun berikutnya ini, kita sudah enggak pakai proses lelang lagi,” kata Juaini Yusuf, Senin (7/10/2019).

Saat ini, vendor yang memproduksi alat-alat septic tank komunal sedang dimasukkan ke dalam e-katalog. Diharapkan tahun ini proses penyusunan vendor ke dalam e-katalog bisa ramppung. Sehingga awal tahun 2020, pihaknya bisa langsung menunjuk vendor yang dinilai mampu menjalankan pembangunan septic tank komunal.

“Jadi pas awal tahun, kita sudah bisa langsung tunjuk. Mau posisi di mana nih untuk yang kecil, sedang maupun besar. Kita lihat kondisi lapangan. Kita mau pakai yang mana nih, karena itu kita sekarang siapkan e-katalog-nya,” kata Juaini Yusuf.

Seperti diketahui, melihat kondisi masih banyaknya warga Jakarta yang masih membuang limbah buang air besar (BAB) di sungai atau kali, maka Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI mengusulkan anggaran sebesar Rp 166,2 miliar untuk membangun septic tank komunal atau sistem pengelolaan limbah domestik.

Anggaran tersebut direncanakan untuk membangun septic tank komunal di 30 lokasi pada tahun 2020. Anggaran tersebut sudah dimasukkan dalam Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2020.



Sumber: BeritaSatu.com