Pekan Depan, DKI Akan Cairkan Dana Hibah ETLE Rp 38,5 Miliar

Pekan Depan, DKI Akan Cairkan Dana Hibah ETLE Rp 38,5 Miliar
Kendaraan melintas di bawah kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di jalur bus transjakarta, kawasan Pasar Rumput, Jakarta, Selasa, 10 September 2019. PT Transportasi Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas Polisi Daerah Metro Jaya (Dirlantas Jaya) menargetkan akan memberlakukan tilang elektronik atau "electronic traffic law enforcement" ( E-TLE) pada 12 koridor transjakarta mulai 1 Oktober 2019 yang bertujuan untuk kelancaran dan ketertiban laju bus transjakarta serta lalu lintas secara umum. ( Foto: ANTARA FOTO / Aprillio Akbar )
Lenny Tristia Tambun / FER Kamis, 10 Oktober 2019 | 16:39 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Syafrin Liputo mengatakan anggaran dana hibah untuk pengadaan 45 kamera tilang sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tambahan sudah disetujui dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) DKI 2019.

Baca Juga: DKI Bantu Ditlantas Tambah Puluhan Kamera Tilang

"Ya tahun ini sudah disetujui dana hibah untuk panambahan kamera ETLE ke Polda Metro Jaya. Total anggarannya Rp 38,5 miliar untuk 45 titk kamera tilang,” kata Syafrin Liputo di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Menurut Syafrin, dana hibah tersebut akan diberikan dalam bentuk uang bukan barang. Nanti pengadaan barang tersebut akan dilakukan oleh Polda Metro Jaya sendiri. Diprediksikannya, dana hibah tersebut akan dicairkan Senin (14/10/2019), pekan depan.

"Iya bukan barang, melainkan dalam bentuk dana. Dananya sudah masuk dalam APBD Perubahan. Kemudian kita harapkan paling lambat hari Senin sudah dicarikan ke Polda Metro Jaya,” ujar Syafrin Liputo.

Baca Juga: Sterilisasi, Tujuan Utama Penerapan ETLE

Setelah dana itu dicairkan, Syafrin Liputo mengharapkan akhir tahun atau paling lambat awal tahun 2020, kamera tilang sistem ETLE sudah dipasang di 45 titik. Dengan begitu, semakin meningkatkan ketertiban pengendara dalam berlalu lintas.

"Ya kita harapkan, akhir tahun ini atau paling lambat awal tahun depan itu sudah terpasang. Sehingga kami berharap, bahwa perilaku masyarakat yang sekarang cenderung tidak tertib, dengan dipasang kamera ETLE ini jadi lebih tertib," terang Syafrin Liputo.



Sumber: BeritaSatu.com