Cerahkan Kampung Pelangi, Samsung Dukung Pemberdayaan Warga Kamal Muara

Cerahkan Kampung Pelangi, Samsung Dukung Pemberdayaan Warga Kamal Muara
Karyawan dan konsumen Samsung dari komunitas Samsung Member melakukan aksi sosial bersama dengan anak-anak di RPTRA Kamal Bahari, pemukiman kampung nelayan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (12/10/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Unggul Wirawan )
Unggul Wirawan / WIR Sabtu, 12 Oktober 2019 | 21:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- Demi mencerahkan Kampung Pelangi di pemukiman nelayan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Samsung Electronics Indonesia mengajak para konsumen Samsung dari komunitas Samsung Member melakukan aksi sosial bersama puluhan karyawan pada Sabtu (12/10).

Tak hanya mengembalikan warna-warni cat yang sudah memudar di sepanjang kampung, komunitas Samsung Member juga “mencerahkan” kehidupan warganya. Samsung juga menginisiasi pelatihan digital dan pemanfaatan sosial media untuk mengembangkan usaha bagi para ibu PKK dan Karang Taruna, perbaikan TPSS, dan pembudidayaan tanaman hidroponik.

“Tahun 2016, Kamal Muara ini terpilih menjadi salah satu bagian dari Kota Tua di Jakarta dan dengan gelar Kampung Pelanginya tapi sayang warna-warninya itu sudah memudar, makanya kami berinisiatif untuk mencerahkan kembali denganmewarnai kembali daerah-daerah tersebut. Jadi apabila semakin banyak orang yang datang ke sini, itu akan menghidupkan apapun terutama perekonomian,” kata Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship PT Samsung Electronics Indonesia.

Program yang dilakukan Komunitas Samsung Member di pemukiman nelayan Kamal Muara ini meliputi mural painting untuk mengembalikan warna-warni dan keindahan Kampung Pelangi. Kegiatan juga digelar untuk memperingati 50 tahun hari jadi Samsung Electronics di seluruh dunia yang jatuh pada tanggal 1 November 2019.

Ennita mengatakan Samsung juga mendonasikan produk Samsung Smart TV dan tablet-tablet berisi e-book yang juga bisa dimanfaatkan untuk membuat konten yang dapat menarik lebih banyak turis datang ke Kampung Pelangi. Ada juga sumbangan untuk pengembangan tanaman hidroponik yang bisa dipasarkan bukan hanya pasar tradisional tapi ke pasar modern.

“Harapan kami adalah bahwa apa yang kami lakukan pada hari ini bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak terutama masyarakat di Kamal Muara dan juga bisa menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain agar bisa melakukan sesuatu untuk Indonesia yang lebih baik lagi,” tambahnya.

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko menyambut baik keterlibatan pihak Samsung untuk pemberdayaan warga Kamal Muara. Kerja sama ini merupakan peluang kolaborasi untuk mengedukasi masyarakat dan menggerakkan ekonominya.

“Ada perubahan perilaku ekonomi dari sekitar masyarakat di Kamal Muara ini yang dulu mereka dominannya berprofesi sebagai nelayan tangkap, kini bergeser lebih kepada pengembangan kawasan Kamal Muara sebagai satu spot destinasi wisata,” tambah Sigit yang juga didampingi Camat Penjaringan M Andri, dan Lurah Kamal Muara Helwin Ginting.

Tahun ini, 55 peserta yang terdiri dari karyawan dan konsumen Samsung dari komunitas Samsung Member sukarela berbagi tugas mengecat jalan, fasilitas umum, dan rumah, memberikan pelatihan digital, membantu pelatihan hidroponik, serta memandu kegiatan edukatif untuk anak-anak.

“Saya bahagia melihat warga Kamal Muara sangat antusias mengikuti setiap program dan membuat kami semakin semangat memberikan waktu dan berbagi pengalaman yang dapat membuka peluang baru bagi mereka,” tutur Purnama Santy, salah satu karyawan Samsung yang mengikuti Global Volunteering Month 2019.



Sumber: Suara Pembaruan