Dishub Targetkan 100 Bus Listrik Beroperasi di 2020

Dishub Targetkan 100 Bus Listrik Beroperasi di 2020
Bus listrik. ( Foto: Antara )
Lenny Tristia Tambun / FMB Selasa, 29 Oktober 2019 | 18:43 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menargetkan akan ada 100 unit bus listrik yang akan beroperasi pada tahun 2020. Sementara tahun ini, baru ada tiga bus listrik yang sedang diujicoba pengoperasionalannya.

Kepala Dishub DKI, Syafrin Liputo mengungkapkan tahun depan akan ada 100 unit bus listrik beroperasi di Jakarta. Untuk pengadaannya, nanti akan diserahkan kepada operator bus. Dengan demikian merk bus yang akan dibeli akan diserahkan sepenuhnya kepada operator bus.

Ini Usulan Konsep Transportasi Ibu Kota Baru dari Kemhub

“Sekarang belum tender. Untuk merk bus, masing-masing operator yang menentukan. Operator yang nantinya yang akan beli. Ini menjadi investasi operator. Model kerja samanya seperti Transjakarta. Kan kita punya operator existing ini yang nantinya, yang tahun depan terakhir kontraknya akan diarahkan ke bus listrik,” kata Syafrin Liputo, Selasa (29/10/2019).

Operator bus yang akan ikut dalam tender kemungkinan besar adalah Perum PPD dan Mayasari Bakti.

Ditegaskannya, ke depan, seluruh peremajaan armada bus Transjakarta, baik itu milik operator bus maupun milik PT Transjakarta harus diarahkan ke bus listrik. Namun harga bus listrik yang cukup mahal, perlu menjadi perhatian dalam penentuan rupiah per kilometer (km).

PLN Sediakan 22 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

“Jadi harga bus itu kan menyumbang 20-25 persen biaya dalam pembentukan rupiah per km. Jadi harga bus tentu jadi concern kita juga. Karena kan kalau harga naik otomatis rupiah per km akan terkoreksi. Itu tentu akan berpengaruh ke besaran PSO (public service obligation) atau subsidi ke operator,” jelas Syafrin Liputo.



Sumber: BeritaSatu.com