Komitmen Warga Kencana-Bogor Benahi Pemukiman Perlu Diapresiasi

Komitmen Warga Kencana-Bogor Benahi Pemukiman Perlu Diapresiasi
Warga RT 03/RW 13, Kelurahan Kencana, Kota Bogor, Jawa Barat, tengah membenahi taman dan pemukimannya. ( Foto: Ist )
Heriyanto / HS Rabu, 30 Oktober 2019 | 10:20 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Upaya mendorong pemukiman yang bersih dan nyaman harus terus diperluas dengan meningkatkan partisipasi warga. Salah satu pemukiman di Kelurahan Kencana, Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, perlu diberi apresiasi atas komitmen warga dalam menciptakan pemukiman yang bersih.

Supandi, salah seorang warga Kelurahan Kayu Manis, Bogor, Selasa (29/10), memberi apresiasi atas inisiatif dari warga RT 03/RW 13, Kelurahan Kencana yang terus berbenah diri untuk menciptakan lingkungan dan pemukiman yang bersih dan nyaman. Langkah tersebut bisa memberi inspirasi bagi warga di sekitarnya untuk bersama-sama membenahi kawasan yang ditempati.

Seperti diketahui, kawasan RT 03 Perumahan Dharmais tampak semakin nyaman dan asri karena terus dibenahi oleh 40 kepala keluarga (KK) yang menjadi penghuninya. Setiap akhir pekan, warga terus bergotong-royong untuk membersihkan saluran air dan sanitasi, mengatur pembuangan sampah, merapikan taman, memperbanyak tanaman hias dan buah-buahan, mempercantik pemukiman, dan menyiapkan lubang biopori.

Ketua RT 03 Budi Susilo menjelaskan warga sangat antusias untuk bersama-sama membenahi rumah masing-masing, serta bersama-sama melakukan kerja bhakti setiap akhir pekan. “Antusiasme warga sangat tinggi dan ini sudah berjalan lama. Semua anggota keluarga bersama pengurus RT berbagi peran untuk membenahi pemukiman menjadi lebih rapi dan nyaman,” ujar Budi.

Dikatakan, semangat membenahi pemukiman dan menjaga keasrian tersebut diharapkan semakin meluas kepada warga di sekitarnya. “Kami berharap warga di sekitar kami juga bisa mengikuti apa yang sudah kami rintis. Bahkan, diperluas hingga ke tingkat RW dan se-kota Bogor,” kata Budi.

Dia mengakui komitmen warga tersebut akhirnya mengantarkan RT 03 menjadi salah satu nominator dalam ajang Bogorku Bersih 2019. Sekalipun ajang tersebut sudah selesai, warga RT 03 sudah berkomitmen menjaga dan memperluas kawasan yang bersih dan rapai tersebut. “Jadi antusiasme warga bukan hanya karena ada ajang Bogorku Bersih, kami sudah punya beberapa agenda jangka panjang agar semangat ini bisa diperluas,” ujar Budi, akhir pekan lalu.

Mikhael Massa, salah satu warga RT 03, mengakui bahwa komitmen warga untuk menjaga kelestarian dan kenyaman pemukiman tersebut sangat luar biasa. Hal itu diantaranya didorong oleh keberadaan RW 13 yang selama ini sangat dikenal dengan taman kota (urban farming). “Warga RT 03 sudah mulai menjadikan taman dan lahan kosong sebagai penghasil pangan, terutama terong dan cabai. Dalam jangka panjang, akan dikembangkan dengan komoditas lainnya. Ini sejalan dengan program pemerintah yang mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL),” ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan