Polemik Anggaran 2020

Bappeda DKI: Penyusunan APBD Masih Dalam Proses

Bappeda DKI: Penyusunan APBD Masih Dalam Proses
Ilustrasi anggaran ( Foto: Istimewa )
Lenny Tristia Tambun / FER Rabu, 30 Oktober 2019 | 21:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Adanya temuan-temuan komponen anggaran yang tidak masuk akal, membuat polemik tersendiri mengenai anggaran daerah tahun 2020, baik bagi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) maupun masyarakat.

Baca Juga: Komisi D Tunda Anggaran DKI 2020

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI, Sri Mahendra, mengatakan, penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APDB) DKI 2020 masih dalam proses. Sehingga, masih terus mengalami perubahan dan perbaikan dalam pembahasan anggaran antara eksekutif dan legislatif yang saat ini sedang berlangsung.

"Saya akan menyampaikan beberapa hal terkait dengan penyusunan APBD DKI 2020. Jadi seperti kita ketahui bersama bahwa penyusunan APBD DKI 2020 saat ini masih dalam proses,” kata Sri Mahendra di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Diungkapkannya, proses penyusunan APBD DKI 2020 dinilai masih sangat panjang. Mulai dari penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) lalu disusun Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) DKI 2020.

Baca Juga: DPRD DKI Kebut Bahas Anggaran 2020

Setelah KUA-PPAS DKI telah disepekati bersama antara eksekutif dan legislatif dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding-MoU), maka akan langsung disusun Rancangan APBD DKI 2020.

“Sebagaimana tadi yang disampaikan juga, bahwa proses (penyusunan anggaran) ini masih membutuhkan waktu di dalam perjalanannya. Karena sekarang baru sampai dalam tahap penyusunan KUA-PPAS. Yang harusnya, KUA-PPAS ini sudah selesai pada bulan Agustus. Tapi, karena ada pergantian anggota DPRD DKI yang baru, kita baru memproses KUA-PPAS saat ini,” terang Sri Mahendra.



Sumber: BeritaSatu.com