Komisi III Dukung Penerapan STNK Elektronik

Komisi III Dukung Penerapan STNK Elektronik
Contoh model STNK bentuk kartu yang dilengkapi chip. ( Foto: Istimewa )
Yeremia Sukoyo / WBP Sabtu, 9 November 2019 | 12:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com  - Komisi III DPR akan mendukung rencana kepolisian yang akan menerapkan layanan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) online (elektronik). STNK elektronik tersebut penerapannya mirip dengan Smart SIM yang merupakan inovasi terbaru Korlantas Polri guna meningkatkan pelayanan publik.

"STNK model baru ini berbasis informasi teknologi. STNK ini juga baik, karena selain tak mudah ditiru, juga akan menghindari peran calo. Karenanya, kami di Komisi III sangat mendukung penerbitan STNK online karena praktis, efisien dan multiguna," kata anggota DPR Ahmad Sahroni, di Jakarta, Sabtu (9/11/2019).

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, mewacanakan inovasi STNK dari saat ini berupa kertas menjadi kartu dilengkapi chip. Identitas kendaraan model kartu itu dinilai lebih kuat, modern dalam pencatatan dan penyimpanan data, serta memiliki fitur keamanan muktahir.

Dalam kesempatan itu, Sahroni juga mengingatkan adanya kebutuhan terkait penguatan keberadaan Polres kecil (tipe B) di sejumlah wilayah di Indonesia. Penguatan perlu dilakukan untuk memaksimalkan upaya penegakkan hukum di seluruh wilayah. Dia berjanji akan mendiskusikan upaya tersebut kepada Kapolri Idham Azis.

"Saya bertekad agar keberadaan polres-polres kecil ini bisa mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat, dan saya akan mendiskusikan terkait hal ini dengan Kapolri yang baru, Jenderal Idham Azis," ucap Ahmad Sahroni.

Sebelumnya, dalam kunjungan kerja ke tiga jajaran kepolisian yang terletak di Pantura Barat, Jawa Tengah, masing-masing ke ke Polres Tegal Kabupaten, Polres Tegal Kota, dan Polres Brebes, Sahroni sempat mendiskusikan banyak hal. Termasuk upaya peningkatan interaksi maupun diskusi antara kepolisian dan masyarakat.



Sumber: Suara Pembaruan