Ancol Bangun Taman Burung Terbesar di Indonesia

Ancol Bangun Taman Burung Terbesar di Indonesia
Salah satu kandang burung (domes) yang terdapat di Ocean Dream Samudera, Kamis (14/11/2019). Pihak Ancol berencana akan membangun dome terbesar di Indonesia pada 2020 mendatang. ( Foto: Beritasatu Photo / Carlos Roy Fajarta )
Carlos Roy Fajarta / FER Kamis, 14 November 2019 | 16:39 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pengelola kawasan wisata terpadu pesisir Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara berencana akan membangun sebuah taman burung terbesar di Indonesia pada 2020 mendatang.

Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Bertho Darmo, menyebutkan, pihaknya akan membangun taman burung dengan ukuran kandang (dome) terbesar, di wahana Ocean Dream Samudera pada 2020 mendatang.

"Kami akan membangun taman burung dengan dome terbesar di Indonesia yakni seluas 2.900 meter persegi dan tinggi 15 meter. Dome ini dapat menampung 500 ekor dengan berbagai jenis burung, serta luas kawasan mencapai 3.800 meter persegi," ujar Bertho, Kamis (14/11/2019).

Pecinta binatang maupun artis, Lucky Hakim, mengharapkan pihak Ancol harus memperhatikan kesehatan spesies burung-burung yang nanti akan menempati dome tersebut.

"Mereka inikan biota yang tidak hanya stay (diam) di kadang saja, mereka ingin hidup bebas terbang di alam, apalagi ekosistem di Ancol ini udaranya cukup panas dan air tampungannya asin," ujar Lucky.

Sementara, peneliti ahli Utama LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Dewi Malia Prawiradilaga, menyebutkan, meski tidak melanggar peraturan yang berlaku namun pihak Ancol tetap harus mengutamakan aspek konservasi bagi habitat burung yang akan ada di dome tersebut.

"Selama ini spesies burung di Indonesia banyak yang terdesak karena kerusakan habitat, perburuan, penggunaan pestisida padahal mereka sangat bergantung pada lahan basah," kata Dewi.



Sumber: Suara Pembaruan