Kawanua Katolik Gelar Aksi Donor Darah di Gereja Polikarpus

Kawanua Katolik Gelar Aksi Donor Darah di Gereja Polikarpus
Keluarga Kawanua Katolik Jakarta (Kawkat) menggelar aksi donor darah di kompleks Gereja Santo Polikarpus, Grogol, Jakarta, Sabtu, 16 November 2019. ( Foto: Istimewa )
Asni Ovier / AO Senin, 18 November 2019 | 13:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November serta menyambut perayaan natal dan tahun baru, Keluarga Kawanua Katolik Jakarta (Kawkat) menggelar aksi donor darah. Aksi sosial itu digelar di kompleks Gereja Santo Polikarpus, Grogol, Sabtu (16/11/2019).

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (18/11/2019), aksi donor darah tersebut digelar Kawkat bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Laboratorium Prodia, Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI), dan gereja stasi Santo Polikarpus.

Aksi donor darah diikuti oleh anggota Kawanua Katolik, Sekolah Polisi Wanita (Polwan), dan Polres Jakarta Barat. Kawkat memilih donor darah sebagai salah satu rangkaian program bakti sosial karena kebutuhan darah di Indonesia hingga saat ini masih belum terpenuhi seluruhnya.

Berdasarkan perhitungan WHO, setiap tahun kebutuhan darah dunia yang harus dipenuhi adalah 2% dari jumlah penduduk. Untuk Indonesia kebutuhan darah setiap tahun diperkirakan mencapai 5,2 juta kantong darah. Kebutuhan itu baru terpenuhi sekitar 92% yang berasal dari PMI. Sisanya yang sekitar 8% harus dipenuhi oleh donor darah sukarela.

Sebelumnya, sebagai rangkaian kegiatan bakti sosial, Kawkat telah melakukan pemulangan jenazah salah satu umat paroki dari keluarga yang kurang mampu, yang meninggal di RSPAD Gatot Subroto, ke kampung halamannya di Manado pada 26 Oktober lalu.

Kawkat juga memberikan bantuan dana untuk pengadaan sound system di salah satu gereja Katolik yang baru dibangun di Desa Kembes, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, pada 14 November 2019. Sebagai puncak program bakti sosial, Kawkat juga akan menggelar acara "Operasi Mata Katarak Gratis" di Bekasi pada akhir Januari 2020.



Sumber: Suara Pembaruan