Mulai Hari Ini, Naik LRT Jakarta Bayar Rp 5.000

Mulai Hari Ini, Naik LRT Jakarta Bayar Rp 5.000
Suasana operasional Light Rail Transit (LRT) Jakarta. ( Foto: Suara Pembaruan / Carlos Roy Fajarta )
Carlos Roy Fajarta / FMB Minggu, 1 Desember 2019 | 11:36 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Hari ini, 1 Desember 2019, operasi LRT Jakarta sudah tidak lagi gratis sejak masa uji coba sejak 11 Juni 2019 lalu. Selama kurang dari 7 bulan beroperasi, LRT Jakarta sudah melayani setidaknya 1,1 juta penumpang.

Corporate Communication Manager, PT LRT Jakarta, Melisa Suciati mengatakan tarif Rp 5.000 flat dan telah ditetapkan melalui Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 34 Tahun 2019 dan berlaku mulai hari ini.

"Kami tadi pagi mengadakan kegiatan doa bersama agar dalam operasi komersial ini semua berjalan dengan baik dan lancar," ujar Melisa, Minggu (1/12/2019)

Ia menyebutkan untuk sistem pembayaran pihak LRT Jakarta menerapkan beberapa syarat dan ketentuan penggunaan kartu tiket perjalanan atau yang biasa disebut sebagai Single Journey Trip (SJT).

"Selain tarif perjalanan sebesar Rp 5.000 terdapat biaya deposit kartu sebesar Rp 15.000 yang akan dikembalikan setelah pelanggan keluar dari area peron kereta melalui Loket atau Passenger Agent Office (PAO) maupun Ticket Vending Machine (TVM) selama masih dalam jangka waktu pengembalian deposit, yaitu 7 hari terhitung sejak pelanggan tap-out di stasiun," jelasnya.

Sedangkan bagi penumpang LRT Jakarta yang menggunakan uang elektronik berupa kartu yang diterbitkan oleh Bank DKI, Mandiri, BNI, BRI & BCA sudah bisa digunakan mulai 1 Desember 2019 ini.

"Mereka cukup menuju ke gerbang tiket untuk masuk ke area peron kereta. Saldo pelanggan pengguna akan terpotong sebesar Rp5.000 ketika keluar dari area peron kereta. Seluruh gerbang tiket LRT Jakarta telah dapat mengakomodir Tap-In dan Tap-Out dengan menggunakan Kartu Uang Elektronik," tambah Melisa.

"Bagi pelanggan yang akan bepergian dengan tujuan lanjutan mengunakan Transjakarta, agar mengunakan kartu uang elektronik sejak tap in dari stasiun pemberangkatan dan tap out di out di gate integrasi (kartu akan terpotong Rp 5000 + Rp 3.500) dan langsung dapat melanjutkan perjalanan dengan bus transjakarta melalui skybridge ke halte transjakarta Pemuda Rawamangun," tandas Melisa. 



Sumber: Suara Pembaruan