HKI Rayakan Natal Bersama

HKI Rayakan Natal Bersama
Ratusan jemaat Huria Kristen Indonesia (HKI) melaksanakan perayaan Natal 2019 Daerah VII (Pulau Jawa, Bali, dan Kalimantan) di Gedung Mangaraja, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (1/12/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Carlos Roy Barus )
Carlos Roy Fajarta / BW Senin, 2 Desember 2019 | 07:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ratusan jemaat Huria Kristen Indonesia (HKI) melaksanakan perayaan Natal 2019 Daerah VII (Pulau Jawa, Bali, dan Kalimantan) di Gedung Mangaraja, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (1/12/2019).

Ketua HKI, Panti Silaban mengatakan, dalam perayaan Natal 2019 ini, pihaknya mengangkat tema Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang yang memiliki makna agar umat Kristiani membawa kebaikan di mana pun berada.

"Kita harus membawa kebaikan untuk semua orang seperti yang tertera di kitab Yohanes 15:14-15. Artinya selain menjadi pembawa damai kita diajarkan untuk berbagi kebaikan untuk semua orang apa pun perbedaan dan latar belakangnya," ujar Panti.

Dalam perayaan Natal yang kental akan budaya Batak tersebut, Panti juga menekankan agar generasi muda saat ini untuk tetap mencintai dan melestarikan budaya yang sudah ada dan diturunkan turun-temurun.

“Budaya menjadi karakter dan jati diri di dalam bingkai kebinekaan. Jadi meskipun kita semua memiliki sifat berbeda-beda, agama, suku, dan ras yang berbeda, tetap satu dalam Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dengan rasa nasionalisme menjaga dan merawat Indonesia," tambahnya.

Panti Silaban mengatakan, ada 1.500 jemaat yang diundang dalam Natalan itu. Mereka dari berbagai wilayah sekitar Jabodetabek.

"Dalam perayaan ini kami menampilkan berbagai kekayaan budaya Batak mulai dari pakaian adat, lagu khas Batak, tarian Batak, dan berbagai budaya lainnya. Harapan kita para anak-anak mencintai dan tidak melupakan budaya mereka," tandas Panti Silaban.



Sumber: Suara Pembaruan