Kawasan Danau Sunter Mulai Direvitalisasi

Kawasan Danau Sunter Mulai Direvitalisasi
Revitalisasi Danau Sunter ditargetkan rampung sebelum Agustus 2020. ( Foto: Beritasatu Photo / Carlos Roy Fajarta )
Carlos Roy Fajarta / FER Kamis, 5 Desember 2019 | 21:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara (Jakut) bersama stakeholder terkait memulai penataan sisi Timur Danau Sunter yang dimulai dengan melakukan penataan area pemancingan di Jalan Danau Permai Timur, Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Kamis (5/12/2019) petang.

Warga Sunter Dukung Penataan Jalan Agung Perkasa VIII

Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko, mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menjadikan kawasan Danau Sunter sebagai salah satu ikon baru destinasi wisata di Jakarta Utara. Apalagi, tahun depan akan ada berbagai event internasional di kawasan ini.

"Kita harapkan revitalisasi Danau Sunter secara keseluruhan bisa rampung sebelum Agustus 2020," ujar Sigit Wijatmoko, usai acara makan bersama dengan warga.

Sigit menyebutkan, penataan sisi Timur Danau Sunter akan dimulai dari area pemancingan yang bersebelahan dengan gedung UD Trucks. Penataan tersebut, akan dilakukan secara bertahap melalui pendekatan persuasif bersama warga.

Keberadaan Jalur Khusus Pesepeda Diminta Lebih Steril

"Mereka sangat terbuka dan mendukung rencana Pemprov DKI Jakarta dalam mempercantik Danau Sunter ini. Tadi kita sudah berbicara dan berbincang dengan tokoh masyarakat di Danau Sunter ini dan mereka mendukung dan mengapresiasi adanya revitalisasi ini dan berharap agar mereka tetap difasilitasi tempat usahanya setelah proses revitalisasi Danau Sunter rampung" tutur Sigit.

Revitalisasi Danau Sunter

Alat berat excavator tampak mulai meruntuhkan beberapa bangunan kolam ikan yang berada di sisi paling ujung Danau Sunter yang berada di samping Gedung UD Trucks atau tak jauh dari Hotel Sun Lake.

Sebagaimana diketahui, sisi Danau Sunter Timur yang berada di Jalan Danau Sunter Selatan sudah mulai dilakukan proses revitalisasi dengan pemancangan sheet pile beberapa waktu terakhir.

Dari hasil pantauan tampak petugas pembangunan juga menyiapkan semacam jogging track di tepian danau yang berbatasan dengan trotoar.



Sumber: Suara Pembaruan