Jokowi Resmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek

Jokowi Resmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Kamis (12/12/2019) siang. (Foto: Beritasatu TV)
Aichi Halik / AHL Kamis, 12 Desember 2019 | 17:25 WIB

Bekasi, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Kamis (12/12/2019) siang. Tol layang ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan 30 persen di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Alhamdulillah pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II elevated sudah rampung. Dan segera bisa kita manfaatkan," kata Jokowi saat meresmikan Jalan Tol layang Jakarta-Cikampek.

Jokowi mengaku mendapat banyak keluhan soal kemacetan yang berlangsung berjam-jam di Tol Jakarta-Cikampek setiap hari.

"Saya harap ini bisa mengurai kemacetan yang sering dirasakan masyarakat. Terjebak berjam-jam sekarang bisa dihindari, dan kita harap kemacetan di jalur ini bisa berkurang 30 persen. Ini bisa mengirit BBM," ujar Jokowi.

"Bayangkan rumitnya kalau kita terlambat membangun infrastruktur. Jangan sampai keputusan politik itu terlambat dalam memutuskan hal-hal yang penting, terutama yang berkaitan dengan daya saing, kecepatan dan efisiensi," sambung Jokowi.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek bisa digunakan saat libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Jalan sepanjang 36,4 Kilometer itu rencananya dibuka untuk umum setelah pembersihan dan rambu jalan lengkap.

Proyek pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk bersama PT Acset Indonusa Tbk (kerja sama operasi), dan menghabiskan anggaran Rp11,69 triliun.

Jalan ini dikhususkan buat kendaraan bertonase ringan golongan I dan II. Namun, dari aspek struktur jalan tol layang ini mampu menahan kendaraan bertonase besar. Hal ini terkait manajemen lalu lintas buat menghindari kemacetan akibat perlambatan kendaraan bertonase besar saat menanjak masuk jalan tol layang.



Sumber: BeritaSatu TV