Pascabanjir, DKI Gelar Kerja Bakti di Lima Wilayah

Pascabanjir, DKI Gelar Kerja Bakti di Lima Wilayah
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memimpin langsung kegiatan kerja bakti di Kelurahan Makasar, Jakarta Timur, Minggu pagi (5/1/2020). ( Foto: Beritasatu Photo / Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / FER Minggu, 5 Januari 2020 | 15:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pascabanjir yang melanda sebagian wilayah Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta turun tangan dan mengajak semua elemen masyarakat untuk kerja bakti bersama membersihkan area-area banjir, sehingga warga terdampak dapat kembali hidup nyaman.

Kerja bakti Pemprov DKI

Kerja bakti dilakukan di 5 (lima) wilayah Kota Administrasi di seluruh DKI Jakarta yang tersebar di 33 Kecamatan, 100 Kelurahan, dan 388 RW.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memimpin langsung kegiatan kerja bakti di Jalan Kerja Bakti, Kelurahan Makasar, Jakarta Timur, Minggu (5/1/2020) pagi.

Anies Akan Evaluasi Penanganan Banjir Jakarta

Peserta kerja bakti merupakan warga masyarakat, tokoh agama, dan lembaga masyarakat; Pramuka; TNI/Polri dan Organisasi Masyarakat; Eselon II dan III Pemprov DKI Jakarta; Para Kepala Dinas yang memiliki PJLP untuk menyiagakan anggotanya; Kepala Satpol PP, Kadishub dan anggotanya.

Serta Dinas Sosial untuk menghadirkan Karang Taruna di 388 titik, Bakesbangpol mengundang Kodam Jaya, Koarmada, Brimob, Korps Marinir AL, Komando Operasi TNI AU, Kostrad, Kopasus, serta organisasi masyarakat seperti Laskar Merah Prov DKI Jakarta, Rumah Cinta Bela Negara, Pemuda Pancasila, FKPPI, dan Ormas Bang Japar. Terlihat seluruh peserta kerja bakti memakai pita merah putih di lengan kiri.

Kerja bakti Pemprov DKI

Anies Diajak Ngevlog oleh Korban Banjir

"Saya berkali menyampaikan, bisa saja hanya pemerintah, TNI, dan Polisi yang datang di semua tempat untuk membersihkan. Tapi, yang dibutuhkan sekarang ini bukan hanya membersihkan sampahnya, tapi, mendorong ikatan kebersamaan antar sesama. Karena itulah mengapa kita mengajak warga untuk terlibat langsung membantu supaya rasa kebersamaan itu hadir," kata Anies Baswedan di lokasi kerja bakti.

Tujuan utama kerja bakti ini, menurut Anies Baswedan, sebagai bagian mempercepat rehabilitasi pascabanjir. Pemprov DKI hadir bersama warga untuk melakukan pembersihan pascabanjir seperti sampah maupun puing-puing bangunan.

"Nanti kita akan terus membantu warga dalam proses pembersihan, pada fase ini adalah puing-puing semua diangkat. Lalu kita nanti akan siapkan karbol lewat jaringan Puskesmas, desinfektan, yang bisa diambil warga secara cuma-cuma, yang bisa dipakai untuk membersihkan seluruh rumahnya dan lingkungannya. Jadi, kita berharap percepatan kita recovery akan tercapai," ujar Anies Baswedan.

Perlu diketahui, aksi kerja bakti bersama warga sebelumnya pernah dilakukan di Brisbane, Queensland, Australia pada tahun 2010.

Saat itu, terjadi banjir besar di Queensland dan pemerintah mengajak warganya untuk bekerja bersama membersihkan area-area terdampak banjir, yang kemudian disebut Salvation Saturday.

Tercatat, lebih dari 55.000 sukarelawan turut serta turun ke jalan dan membantu pemerintah membersihkan area yang terdampak.



Sumber: BeritaSatu.com