Logo BeritaSatu

Bangunan Roboh di Slipi Diduga Akibat Kualitas Buruk

Senin, 6 Januari 2020 | 12:57 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / AMA

Jakarta, Beritasatu.com – Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) DKI menduga bangunan empat lantai di kawasan Slipi, Jakarta Barat, roboh karena kualitas bangunan yang buruk dan rapuh.

Meski demikian, Kepala Dinas Citata DKI Heru Hermawanto di Jakarta, Senin (6/1/2020) mengatakan, pihaknya masih mempelajari penyebab bangunan tersebut roboh. Namun, bila diliihat selintas, kualitas bangunan tersebut terlalu rapuh.

“Iya kalau meliihat dari foto-fotonya. Itu konstruksinya rapuh, bayangan saya. Jadi enggak mungkin beton itu terkelupas dari tulangnya, sampai sedemikian ambrolnya. Sepintas saya lihat dari hasil foto di banyak media. Kalau lihat, tulangannya sampai keluar semua,” kata Heru Hermawanto ketika dihubungi wartawan.

Sebab, lanjutnya, bila melihat dari prosedur pemberian izin, gedung tersebut sudah memenuhi syarat dari ketentuan kontruksi bangunan yang dituangkan dalam undang-undang tentang konstruksi bangunan.

“Pada saat pemberian izin, semua sudah memenuhi persyaratan. Biasanya kan sudah uji beton, dapat sampelnya, dan mememuhi syaratnya. Tetapi pada saat bukan di sampelnya, yakni pada pelaksanaan pembangunan konstruksi, kami enggak tahu seperti apa,” ujar Heru Hermawanto.

Menurutnya, itu bangunan sudah lama berdiri. Bila melihat posisi rubuhan konstruksi bangunan, yang terlihat hancur lantai bangunan. Tulangan (kerangka) konstruksi keluar dari beton bangunan.

“Jadi kami tegaskan, kalau secara prosedural sudah benar, makanya diterbitkan izin mendirikan bangunan,” tutur Heru Hermawanto.

Heru Hermawanto menegaskan, tidak mungkin pihaknya melakukan pengawasan terhadap semua proses pembangunan konstruksi bangunan yang dilakukan di Jakarta. Pengawasan pembangunan konstruksi berdasarkan Undang-Undang (UU) No 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

“Ya enggak mungkin. (Pengawasan) di UU Jasa Konstruksi itu bukan di dinas. Kalau pemerintah (Pemprov DKI) itu tugasnya mengawasi dalam konteks prosedur. Di dalam UU Jasa Konstruksi, enggak mungkin pegawai kami mengawasi sebegitu banyaknya. Enggak mungkin pemerintah,” jelas Heru Hermawanto.

Tugas Pemprov DKI, sambungnya, hanya memastikan prosedur pembuatan perizinan terpenuhi. Di antaranya, ada kontraktor yang memiliki data perusahaan yang benar tidak palsu.

“Tugas pemerintah itu, memastikan prosedurnya dipenuhi. Di situ, ada kontraktor enggak. Kontraktornya harus memiliki data usahanya, ada enggak, kan begitu,” ungkapnya.

Seperti diberitakan, sebuah gedung di sekitar Slipi, Jakarta Barat roboh pada Senin (6/1/2020). Berdasarkan Twitter TMC Polda Metro Jaya pada pukul 10.05 WIB, bangunan tersebut terletak di Jalan Tali Kota Bambu Selatan di dekat Wisma BCA Slipi, Jakarta Barat. Petugas masih melakukan penanganan dan evakuasi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buruh Tewas Tergiling di Pabrik Gula di Lampung

Sobari (40), warga Dusun IV Desa Sukadana Udik, Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten Lampung Utara tewas tergiling mesin penggilingan tebu PTPBN VII.

NEWS | 6 Desember 2022

8 TKI Asal Pontianak Jadi Korban Trafficking dan Penyiksaan di Laos

Sedikitnya delapan TKI asal Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar) menjadi korban trafficking dan penyiksaan di Laos sejak Oktober 2022 lalu. 

NEWS | 6 Desember 2022

Polresta Lampung Uji Balistik Peluru Nyasar yang Mengenai Balita

Sat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Lampung melakukan uji balistik peluru nyasar yang melukai pergelangan kaki seorang balita Ibrahim El Rahman (1,5).

NEWS | 6 Desember 2022

KKB Bunuh 2 Tukang Ojek di Pegubin, Papua Pegunungan

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua dilaporkan membunuh dua tukang ojek yang mangkal di pangkalan Kali Digoel, Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

NEWS | 6 Desember 2022

RUU KUHP Disahkan, Menkumham Yasonna: Momen Bersejarah

Menkumham Yasonna H Laoly menyatakan, pengesahan RUU KUHP menjadi UU merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. 

NEWS | 6 Desember 2022

4 RT di Daerah Pesisir Terendam Banjir Pasang Air Laut

Saat ini, Selasa (06/12/2022) terjadi pasang air laut yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (ROB) di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.

NEWS | 6 Desember 2022

Sidak Pasar Induk Kramat Jati, Heru Temukan Harga Cabai Naik Jelang Nataru

Saat sidak Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono menemukan harga cabai yang naik menjelang Natal dan Tahun Baru. 

NEWS | 6 Desember 2022

DPR: Program Dana Desa Era Jokowi Sukses Hadirkan Infrastruktur

Anggota DPR menilai program dana desa era Presiden Jokowi mendorong banyak manfaat seperti pembangunan infrastruktur di desa dan pemberdayaan masyarakat.

NEWS | 6 Desember 2022

Kemenkes Siapkan 420 Rumah Sakit Pendidikan di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan 420 rumah sakit (RS) pendidikan di Indonesia.

NEWS | 6 Desember 2022

DPR Sahkan RUU KUHP Saat Fraksi PKS Interupsi

DPR mengesahkan RUU KUHP saat Fraksi PKS sedang interupsi di rapat paripurna DPR, Selasa (6/12/2022).

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gibran Minta Tamu Undangan Pernikahan Kaesang Tidak Berikan Amplop

Gibran Minta Tamu Undangan Pernikahan Kaesang Tidak Berikan Amplop

LIFESTYLE | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE