Kolaborasi Dengan BUMN, Anies Harap Transportasi Jakarta Jadi Kelas Dunia

Kolaborasi Dengan BUMN, Anies Harap Transportasi Jakarta Jadi Kelas Dunia
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) di kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020). ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Jumat, 10 Januari 2020 | 17:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) di kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

MITJ merupakan perusahaan patungan antara PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) dan PT MRT Jakarta (Perseroda).

Anies berharap pengintegrasian ini juga menjadikan transportasi umum khususnya di Jakarta berkelas dunia. Tidak hanya dari segi ekonomi, Anies menyebut transportasi umum nantinya bisa jadi moda pemersatu.

"Harapannya transportasi umum di Jakarta adalah transportasi umum kelas dunia, kita tidak ingin transportasi umum kita di sini adalah transportasi yang dihindari tapi transportasi yang dinikmati. Ada hal penting terkait ekonomisnya dan efisiensinya, tapi juga adanya transportasi umum ini mempersatukan," ucap Anies saat memberi sambutan.

Anies memaparkan, skema permodalan awal PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek ini akan dibagi 51% dari PT MRT, 49% dari PT KAI.

Anies menyebut nantinya moda transportasi Commuter, Kereta Api, TransJakarta, hingga Jak Lingko akan terintegrasi secara keseluruhan menjadi Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek. Selain itu Raillink dan 72 stasiun juga akan berada di bawah integrasi ini.

"Lalu dengan angkutan darat yang lain kita akan integrasikan juga, jadi benar benar nanti satu sistem, rute terintegrasi, pengelolaannya terintegrasi, lalu kartu tiket semua terintegrasi," ujar Anies.



Sumber: BeritaSatu TV