Gedung SDN Samudrajaya 04 Kabupaten Bekasi Rusak Parah

Gedung SDN Samudrajaya 04 Kabupaten Bekasi Rusak Parah
Gedung SDN Samudrajaya 04, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi yang rusak dan dalam beberapa tahun terakhir ini belum diperbaiki. ( Foto: Beritasatu Photo / Mikael Niman )
Mikael Niman / JAS Senin, 20 Januari 2020 | 17:49 WIB

Bekasi, Beritasatu.com – Ruang kelas SDN Samudrajaya 04, Kampung Tambun Tiga, Desa Samudrajaya, Kecamatan Tarumajaya, belum pernah diperbaiki sejak belasan tahun lalu oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi. Kini, kondisinya semakin rapuh dan tak layak dijadikan tempat kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Saya sudah mengajar sejak 15 tahun lalu, belum pernah ada perbaikan gedung sekolah dari pemerintah,” ujar salah satu guru SDN Samudrajaya 04, Aminah, Senin (20/1/2020).

Dia menjelaskan, bersyukur di sekitar lokasi sekolah terdapat perusahaan besar, PT Pertamina, yang membantu memperbaiki ruang kelas rusak, beberapa waktu lalu. “Setahu saya, memang belum pernah direnovasi. Hanya oleh Pertamina saja,” tuturnya.

Dengan jumlah murid mencapai 230 anak mulai dari Kelas I hingga Kelas VI. Mereka belajar dengan rasa waswas tertimpa atap bangunan di saat musim hujan atau angin kencang melanda sekolah tersebut. Rangka atap yang terbuat dari kayu semakin rapuh dimakan usia, plafon atap banyak yang terjatuh karena kayu tak kuat menahan asbes, kaca di dinding rata-rata pecah. Bahkan, lantai keramik banyak yang terbongkar.

Kerusakan tiga ruang kelas ini sudah terjadi sejak lima tahun lalu dan belum ada perbaikan hingga kini. Menyikapi kondisi ini, para murid meminta kepada pemerintah daerah agar segera memperbaiki gedung sekolah yang rusak.



Sumber: Suara Pembaruan