Dinas SDA DKI Bantah Video Monas Banjir di Akun Dishub DKI

Dinas SDA DKI Bantah Video Monas Banjir di Akun Dishub DKI
Ilustrasi hujan. ( Foto: Antara / Nova Wahyudi )
Lenny Tristia Tambun / FMB Jumat, 24 Januari 2020 | 19:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Juaini Yusuf mengatakan video Monas banjir yang dimuat dalam akun media sosial Dinas Perhubungan (Dishub) DKI adalah tidak benar.

“Salah itu. Tidak benar,” kata Juaini Yusuf di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Ia membenarkan terjadinya genangan air di Jalan Silang Monas Barat Laut atau Taman Pandang, tetapi ketinggian airnya hanya 10-15 cm.

“Iti foto atau video kapan? Enggak setinggi itu, Jadi tidak sampai selutut atau parah seperti yang ada di video yang dimuat akun IG (instagram) Dishub DKI. Paling setinggi 10-15 cm. Itu foto atau video yang terjadi beberapa tahun lalu, dimuat ulang,” ujar Juaini Yusuf.

Ia sangat yakin video atau foto yang menampilkan jalan di kawasan Monas banjir parah adalah salah, karena satuan petugas (satgas) banjir Dinas SDA DKI telah disebar di kawasan Jalan Jend Sudirman, Jalan MH Thamrin dan kawasan Monas untuk mengantisipasi banjir atau genangan air akibat hujan deras mengguyur Jakarta sejak kemarin.

“Kan petugas kami dari pagi sudah standby di sana. Anak buah saya dari pagi sudah standby. Mereka bilang enggak ada Pak. Kalau melihat dari laporan anak-anak kan dekat satgas kita di kantor wali kota Jakarta Pusat. Dari pagi-pagi sudah saya suruh tongkrongin tuh Sudirman dan Thamrin. termasuk kawasan Medan Merdeka. Jadi laporannya enggak ada seperti yang di foto,” jelas Juaini Yusuf.

Karena kesalahan itu, Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo ditegur Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah saat acara penandatanganan kegiatan strategis daerah di Balai Kota hari ini. Juga ditegur di grup komunikasi antara kepala dinas dan gubernur.

“Makanya itu dia ditegur tuh sama Pak Sekda. Makanya tadi enggak denger tadi sekda? 'Besok jadi perhatian dong'. Saya juga tanya lagi ke petugas kita, sampai dikirim lagi fotonya. Salah itu tadi dia diomeli tuh. Karena anak buah saya ke Monas, enggak ada apa-apa. Makanya tadi langsung ditegur (dishub) di grup sama Pak sekda,” ungkap Juaini Yusuf.

Akibat dari tindakan Dishub DKI, masyarakat mendapatkan informasi yang salah mengenai banjir di Monas. Apalagi, video itu diambil dan ditayangkan dalam akun media sosial TMC Polda. “Ya itu sudah ditegur. Karena enggak kroscek, ngeliatnya dari IG bukan lapangan. Kalau anak buah saya kan sudah nongkrong di lokasi,” paparnya.



Sumber: BeritaSatu.com