Menpupera: Revitalisasi Monas Harus Kantongi Izin Komisi Pengarah

Menpupera: Revitalisasi Monas Harus Kantongi Izin Komisi Pengarah
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono, seusai rapat pembahasan Revitalisasi Monas di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020). ( Foto: Beritasatu Photo / Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / FER Senin, 27 Januari 2020 | 22:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono, mengatakan, tiga gubernur DKI sebelum Anies Baswedan telah mengantongi izin Komisi Pengarah terlebih dahulu saat melakukan Revitalisasi Monas.

Mensesneg Minta Revitalisasi Monas Dihentikan Sementara

"Dari IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) juga memberikan kronologi revitalisasi taman Monas. Ini bukan baru kali ini saja. Tetapi sejak Pak Sutiyoso, Pak Foke dan Pak Jokowi sudah lakukan ini. Berarti tiga gubernur sebelumnya juga sudah mengikuti prosedur (meminta izin Komisi Pengarah),” kata Basuki Hadimuljono seusai rapat Revitalisasi Monas di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

Basuki yang merupakan anggota Komisi Pengarah menambahkan, Anies Baswedan merupakan Gubernur DKI keempat yang melakukan revitalisasi Monas.

Sayangnya, lanjut Basuki, Anies Baswedan tidak mengikuti prosedur yang telah ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 25 tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di Wilayah DKI Jakarta.

Kontraktor Revitalisasi Monas Bantah Tebang 190 Pohon

"Jadi harus ada prosedur itu. Ini yang sedang dilihat. Memang sekarang progresnya sudah sampai 70 persen hingga 80 persen. Makanya nanti pak Sekretaris Menteri akan membawa surat ke Pemprov DKI. Karena surat yang dibawa Pak Sekda ditujukan kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg). Bukan kepada Komisi Pengarah,” terang Basuki Hadimuljono.

Adapun surat yang akan dikirimkan ke Pemprov DKI adalah segera meminta Pemprov DKI mengajukan permohonan persetujuan revitalisasi Monas kepada Komisi Pengarah.



Sumber: BeritaSatu.com