UPT Monas Sebut 191 Pohon Terkena Proyek Revitalisasi Monas

UPT Monas Sebut 191 Pohon Terkena Proyek Revitalisasi Monas
Foto dari ketinggian suasana revilitasasi sisi selatan kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu 19 Januari 2020. ( Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao )
Lenny Tristia Tambun / CAH Selasa, 28 Januari 2020 | 14:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Unit Pengelola Teknis (UPT) Monas menyebutkan ada 191 pohon yang terdampak proyek revitalisasi di area selatan Monas.

Kepala Sie Pelayanan Informasi UPT Monas Irfal Guci mengatakan dari jumlah tersebut, ada sebanyak tujuh pohon besar yang terpaksa ditebang, karena tidak mungkin lagi dipindahkan. Pohon-pohon tersebut, telah dipotong-potong menjadi beberapa bagian.

Mensesneg Minta Revitalisasi Monas Dihentikan

“Sisa potongan tujuh pohon tersebut ada ditaruh di Monas ini, sebagai tanda bukti pohon itu pernah ada di Monas,” kata Irfal Guci, Selasa (28/1/2020).

Kemudian ada sebanyak 71 pohon yang berukuran kecil yang dipindahkan ke area Barat Monas sebanyak 57 pohon dan ke area timur Monas sebanyak 14 pohon. Sedangkan 113 pohon yang sedang lainnya telah dibawa ke tempat penampungan pohon milik Dinas Kehutanan DKI.

“Pohon yang ukurannya sedang dibawa Suku Dinas Kehutanan Jakarta Pusat. Sementara pohon yang kecil yang memungkinkan dipinah, ya dipindah ke sini,” terang Irfal Guci.

Kontraktor Revitalisasi Monas Bantah Tebang 190 Pohon

Keterangan UPT Monas ini berbeda dengan pernyataan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, bahwa hanya ada 85 pohon yang dipindahkan karena revitalisasi Monas.

"Yang fix hasil rapat kita ada pohon yang kita pindahkan ke sisi barat 55 ke sisi timur 30," kata Saefullah.

 



Sumber: BeritaSatu.com