Imbas Hujan Deras, 25 Titik Genangan Air Muncul di Jakarta

Imbas Hujan Deras, 25 Titik Genangan Air Muncul di Jakarta
Banjir di Underpass Kemayoran Jakarta Pusat, Minggu, 2 Februari 2020. ( Foto: TMC Polda Metro Jaya )
Lenny Tristia Tambun / CAH Minggu, 2 Februari 2020 | 17:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Hujan deras yang melanda Kota Jakarta dalam waktu cukup lama hari ini, Minggu (2/2/2020), telah membuat genangan air mulai muncul di beberapa lokasi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mencatat ada 25 titik genangan air yang muncul di tiga wilayah DKI Jakarta.

Kepala BPBD DKI Jakarta Subejo mengatakan ada 25 titik genangan air yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Sedangkan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur tercatat tidak ada titik genangan yang muncul akibat hujan deras hari ini.

“Semua genangan air yang muncul di tiga wilayah ini akibat curah hujan yang tinggi. Akibatnya, terjadi antrean air. Apalagi di saluran ada sampah yang menghambat aliran air hujan yang mau masuk ke saluran tersebut,” kata Subejo kepada Beritasatu.com, Minggu (2/2/2020).

Genangan 30 Cm Landa Depan Istana dan Merdeka Barat, Arus ke Harmoni Dialihkan

Ia merincikan, di Jakarta Pusat ada empat titik genangan air dengan ketinggian air 10 sampai dengan maksimal 400 sentimeter (cm). Sedangkan titik genangan air yang paling banyak ada di Jakarta Utara yakni 17 titik genangan. Namun ketinggian airnya tidak setinggi di Jakarta Pusat sampai ratusan meter. Ketinggian air genangan di Jakarta Utara mencapai 5 hingga 30 cm.

“Kalau di Jakarta Barat hanya ada empat titik. Dengan ketinggian air lima sampai maksimal 30 cm,” ujar Subejo.

Mantan Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI ini tidak merincikan dimana saja lokasi 25 titik genangan air tersebut. Namun yang pasti, genangan air tersebut langsung ditindaklanjuti untuk mempercepat surutnya air.

Sejumlah Wilayah Jakarta Tergenang Hingga 50 Cm

“Penanganan genangan air yang dilakukan di tiga wilayah tersebut, adalah pembersihan saluran oleh PPSU kelurahan dan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI. Lalu dilakukan penyedotan genangan air oleh PPSU Kelurahan dan Dinas SDA DKI,” terang Subejo.

Khusus genangan air yang berada di Pospol Muara Karang, Jakarta Utara, lanjutnya, saat ini membutuhkan pompa air untuk menyedot air ke sungai. “Membutuhkan pompa air di titik genganan air Pospol Muara Karang,” ungkap Subejo.

 



Sumber: BeritaSatu.com