Tinjau Masjid Istiqlal, Jokowi Pastikan Renovasi Total Rampung April 2020

Tinjau Masjid Istiqlal, Jokowi Pastikan Renovasi Total Rampung April 2020
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Agama Fachrul Roz, Jumat, 7 Februari2020. ( Foto: Setkab )
Lenny Tristia Tambun / CAH Jumat, 7 Februari 2020 | 10:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Dalam tinjauan tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Agama Fachrul Rozi.

Setelah melihat beberapa titik yang dilakukan renovasi dan mendengarkan penjelasan pekerjaan renovasi masjid Istiqlal dari Basuki, Jokowi memastikan renovasi total masjid bersejarah ini akan rampung pada April 2020.

“Bulan empat, insya Allah sudah selesai semua. Kita harapkan nanti sebelum Ramadan sudah bisa selesai sehingga bisa dipakai,” kata Jokowi seusai melakukan peninjauan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Dijelaskannya, pelaksanaan renovasi total Masjid Istiqlal telah dilaksanakan sejak tahun lalu. Renovasi kali ini merupakan renovasi besar sejak dilakukan renovasi 41 tahun lalu. Maka tak heran, maka anggaran untuk renovasi total ini cukup besar, mencapai Rp 475 miliar.

“Dipakai untuk memperbaiki, memoles lantai, mengganti karpet, lighting, sound system, semuanya. Juga menambah basement yangdi depan, parkirnya basement-nya ditambah sehingga nanti parkir tidak masuk ke sini. Ini batas suci di sini. Juga pembangunan landscape di luar, bukan hanya interior, eksterior semuanya dibangun. Sungai yang ada di lingkungan Istiqlal semua diperbaiki sehingga tamannya menjadi lebih bagus lagi,” terang Jokowi.

Namun, karena Masjid Istiqlal termasuk cagar budaya dan heritage Indonesia, maka renovasi yang dilakukan harus dengan hati-hati, tidak boleh merusak bangunan cagar budaya.

“Memang banyak hal yang tidak bisa dikerjakan karena heritage, adalah warisan pusaka. Sehingga pengerjaannya harus hati-hati, tidak boleh merusak,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menerangkan awal mula rencana Jokowi merenovasi Masjid Istiqlal. Rencana renovasi itu bermula saat Jokowi mendampingi Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi berkeliling masjid pada tahun lalu. Setelah mengunjungi masjid, Jokowi langsung berpesan kepada Basuki untuk segera merenovasi masjid.



Sumber: BeritaSatu.com