Bapenda Dukung Kolaborasi Bank DKI dengan Cartenz

Bapenda Dukung Kolaborasi Bank DKI dengan Cartenz
Petugas Bank DKI sedang memberikan penjelasan kepada pengunjung Indonesia Career Expo 2020 di Gedung Smesco Jakarta, Jumat, (10/1/2020). (Foto: Beritasatu Photo/Uthan)
Lenny Tristia Tambun / FER Jumat, 14 Februari 2020 | 19:54 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI, Pilar Hendrani, menyambut baik adanya sistem pajak online untuk Jakarta atau Tax Online System for Jakarta (Toska), yang akan membuat 12.000 wajib pajak horeka di Jakarta akan masuk dalam sistem pajak online yang transparan dan terintegrasi dengan Bank DKI dan Bapenda DKI.

Bank DKI Targetkan 12.000 Wajib Pajak Terkoneksi Toska

"Pasalnya, mereka adalah jenis pajak yang self assessment. Dengan bisa melakukan pajak online, turut memudahkan semua pihak, baik wajib pajak maupun Bapenda. Ini juga arahan dari KPK, agar penerimaan pajak dilakukan dengan sistem real time. Dan ini membantu kami yang berupaya optimalisasi pajak daerah,” kata Pilar Hendrani di di lokasi peluncuran Toska, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020).

Sementara itu, CEO Cartenz Group, Gito Wahyudi, mengatakan, inisiatif ini sesuai dengan arahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam program Korsupgah (Koordinasi dan Supervisi Pencegahan) sebagai salah satu bentuk pencegahan dan inovasi pendapatan asli daerah.

"Sistem Toska akan memudahkan 12.000 wajib pajak terkoneksi pembayaran pajak secara online, sehingga memudahkan mereka membayar pajaknya tepat waktu," kata Gito Wahyudi.

Cartenz Gandeng Bank DKI Modernisasi Sistem Pajak Online

Untuk mekanisme kerja sistem pajak online ini, lanjut Gito Wahyudi, pihaknya akan menginstal software Toska bagi wajib pajak yang sudah menerapkan pajak online. Namun, bagi wajib pajak yang masih manual membayar pajak, akan dipasangkan alat fiskal elektronik lalu dilatih untuk menggunakan alat tersebut.

"Jadi sistem Toska ini diterapkan bagi 12.000 wajib pajak horeka, baik yang masih manual maupun yang sudah menerapkan pajak online, agar mereka semua bisa menerapkan sistem pajak," tandas Gito Wahyudi.

Toska merupakan sistem pajak terintegrasi secara online yang berfungsi dalam melakukan pencatatan, rekonsiliasi, pembayaran dan pelaporan pajak hotel, restoran, tempat hiburan dan perparkiran di Jakarta.



Sumber: BeritaSatu.com