Anies Baswedan Paparkan Manfaat Positif Formula E

Anies Baswedan Paparkan Manfaat Positif Formula E
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan pembalap Formula E Stoffel Vandoorne di Balaikota DKI, Jakarta, Selasa (12/11/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Lenny Tristia Tambun )
Yustinus Paat / FER Jumat, 14 Februari 2020 | 23:39 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meyakini dan memastikan bahwa balapan Formula E akan terlaksana dengan baik dan berdampak positif terhadap DKI Jakarta.

Anies Baswedan Pastikan Formula E Berdampak Positif

Sampai saat ini, persiapan Formula E terus dilakukan dan dimatangkan, khususnya setelah Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka mengizinkan Monas menjadi bagian dari arena balapan mobil ramah lingkungan tersebut.

"Insyaallah semua persiapan dan perencanaan Formula E bisa dilaksanakan dengan baik" ujar Anies di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Dalam berbagai kesempatan, Anies menyebutkan sejumlah manfaat dari gelaran Formula E untuk DKI Jakarta. Pertama, manfaat ekonomi. Berdasarkan hasil feasibility studies, diprediksikan nilai perekonomian yang bergerak di Jakarta dari ajang ini sekitar 78 juta euro atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Formula E tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga menjadi destinasi wisata yang menghibur dan menggerakkan perekonomian Jakarta.

Jakpro Klaim Keuntungan Formula E Bisa Rp 600 Miliar

Dampak ekonomis yang diperoleh DKI Jakarta diperoleh melalui investasi pemerintah untuk pembangunan infrastruktur pendukung, operasional persiapan dan penyelenggaraan, serta mobilitas pengunjung Formula E.

"Pembangunan infrastruktur pendukung dapat menyebabkan penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan penambahan pendapatan pelaku usaha masyarakat," kata Anies.

Manfaat kedua, lanjut Anies, ajang Formula E merupakan momentum melakukan kampanye penggunaan mobil yang ramah lingkungan. Pasalnya, balapan ini menggunakan mobil listrik yang bebas emisi karbon.

"Kita menjadi tuan rumah dari balap mobil Formula E untuk mengirimkan pesan kepada semua bahwa masa depan transportasi adalah transportasi yang bebas emisi dan ini tentunya menumbuhkan penelitian dan pengembangan bisnis seputar mobil listrik," tegas Anies Baswedan.

Adapun manfaat lain dari Formula E, kata Anies, bisa menempatkan Jakarta sebagai salah satu kota dunia yang bisa menyelenggarakan ajang internasional.



Sumber: BeritaSatu.com