Radiasi, Bapeten Periksa Warga dan Kondisi Air Tanah

Radiasi, Bapeten Periksa Warga dan Kondisi Air Tanah
Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) meminta warga untuk tidak memasuki lokasi yang terkontaminasi paparan radiasi nuklir di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan. ( Foto: Antara )
Chairul Fikri / CAH Sabtu, 15 Februari 2020 | 17:47 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) serius menanggapi penyebaran radiasi yang diduga tersebar di wilayah Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Bapetan sudah melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan masyarakat yang berada di wilayah yang diduga terpapar radioaktif.

"Kami dan juga dari Badan Tenaga Nulir Nasional (Batan) telah melakukan pemeriksaan kondisi warga. Sudah ada beberapa warga yang kita ambil sample-nya untuk kita periksa di laboratorium Batan untuk mengetahui kondisi mereka apakah terkontaminasi reaksi radioaktif yang ada di sini. Hasilnya nanti segera kami ketahui dalam waktu dekat. Kami juga terus berupaya untuk melakukan pemantauan kepada masyarakat yang ada disini," ungkap Sekretaris Utama (Sestama) Bapeten Hendrianto Hadi Tjahyanto di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, Sabtu (15/2/2020).

Tak hanya melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kesehatan masyarakat. Bapetan dan Batan sendiri juga memeriksa kondisi air tanah di Perumahan Batan Indah itu.

"Kami juga melakukan uji terhadap kondisi air tanah yang ada di wilayah ini. Berdasarkan pemeriksaan, airnya bersih. Maksudnya air negatif tidak terkontaminasi. Tapi yang daun-daun yang misalkan di sini sudah diangkat, itu yang terkontaminasi, pohon-pohon, sudah diangkat," tambahnya.



Sumber: BeritaSatu.com