Diduga Korsleting Listrik, Lima Rumah di Bogor Ludes Terbakar

Diduga Korsleting Listrik, Lima Rumah di Bogor Ludes Terbakar
Petugas pemadam kebakaran sektor Ciawi tengah melakukan pemadaman akibat korsteling listrik di empat rumah di Kampung/Desa Tangkil RT 01/03 Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Selasa, 18 Februari 2020. ( Foto: Beritasatu Photo / Vento Saudale )
Vento Saudale / JAS Selasa, 18 Februari 2020 | 23:25 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Diduga korsleting listrik, lima rumah di Kampung/Desa Tangkil Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor hangus terbakar. Asal api diduga berasal dari kabel listrik yang terbakar di terminal listrik.

Kepada Damkar Ciawi Nendri menuturkan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu, posko damkar menerima informasi dari pihak kecamatan.

“Atas informasi itu, kami mengirimkan dua unit kendaraan pemadam kebakaran dan api bisa dipadamkan tiga jam setelah terjadi kebakaran,” papar Nendri mengkonfirmasi, Selasa (18/2/2020) petang.

Kata dia, lima rumah berderet berada dalam satu atap. Pemilk rumah yakni Acin, Ismat, Empay, Didoh, dan Dedeh. Pertama kali api muncul, lanjut Nendri, berasal dari kediaman Dedeh lalu merembet ke empat rumah lainnya.

“Tidak ada korban jiwa. Kerugian akibat kejadian tersebut berkisar Rp 300 juta dan untuk sementara para penghuni mengungsi,” paparnya.

Sementara, salah satu saksi Ipah mengatakan, pada saat itu keluarga Dedeh tengah beristirahat di dalam rumah karena hujan. Tidak lama, terdengar suara petir dan pada waktu bersamaan listrik padam.

Diduga korsleting listrik membakar kabel di terminal yang berada di atap rumah lalu membesar.

"Saya kaget melihat percikan api langsung terbangun dan merambat ke rumah tetangga melalui atap," ungkapnya.

Melihat kejadian tersebut akhirnya Ipah meminta tolong ke tetangga untuk segera mematikan api yang sudah besar ke rumah. Namun nahas, meskipun bantuan oleh warga berdatangan, si jago merah malah tambah besar hingga membakar rumah tetangga.



Sumber: BeritaSatu.com