Ini Penyebab Banjir di Perumahan Harapan Indah Bekasi

Ini Penyebab Banjir di Perumahan Harapan Indah Bekasi
Puluhan warga Harapan Indah, Medansatria, Kota Bekasi, menggeruduk kantor pengembang, PT Hasana Damai Putra, Selasa (25/2/2020) siang. ( Foto: Beritasatu Photo / Mikael Niman )
Mikael Niman / JAS Selasa, 25 Februari 2020 | 22:10 WIB

Bekasi, Beritasatu.com - Banjir yang merendam Perumahan Harapan Indah, Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi, disebabkan saluran air yang dipenuhi sampah hingga menyumbat gorong-gorong di bawah tanah. Lokasi saluran ini berada di perbatasan Kota Bekasi dengan Kabupaten Bekasi.

“Kami menduga, ada sumbatan di dalam gorong-gorong yang menuju ke perbatasan Kabupaten Bekasi,” ujar Lurah Pejuang, Isnaini, Selasa (25/2/2020).

Dia bercerita, saat hujan pada Minggu (23/2/2020) sampah sudah menumpuk di kali belakang Perumahan Harapan Indah. Rencananya, pada Kamis (27/2/2020) akan mendatangi pengembang untuk mencari solusi penanganan sampah di lokasi gorong-gorong tersebut.

Rupanya, warga tak sabar menunggu Kamis mendatang sehingga sampah yang menumpuk di kali didorong ke dalam gorong-gorong hingga terjadi penyumbatan. “Saya sedang cuti saat itu, maunya saya, sampah itu diangkat dan dimasukkan ke dalam karung, nanti selepas cuti baru diangkat dibuang ke TPA,” tuturnya.

Dugaan sementara, banjir di Perumahan Harapan Indah hingga mencapai 1,5 meter dan lama surutnya, karena gorong-gorongnya tersumbat sampah. “Gorong-gorong yang menuju ke perbatasan Kabupaten Bekasi, cukup panjang. Sampah menyumbat di dalam gorong-gorong,” pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com